Luhut Binsar Pandjaitan: Jangan Gampang Judge Orang Lain

MENIT.CO.ID – Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menanggapi suasana politik jelang Pilpres 2024 di Indonesia.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Luhut Binsar Pandjaitan berbicara agar dukungan di Pilpres 2024 tidak dilakukan dengan cara menghancurkan success story atau kisah sukses orang lain.

“Kau tanyakan hatimu yang paling dalam. Apa yang sudah kau lakukan untuk republik ini? Jangan gampang judge orang lain. Bilang ingusan, lah. Bilang pengkhianat, lah,” kata Luhut dalam unggahannya. “Siapa sih yang mau jadi pengkhianat?”

Dalam unggahan tersebut, Luhut juga menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menunjukkan kebesaran jiwanya dengan berekonsiliasi dengan Prabowo Subianto.

Adapun Prabowo merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019. “Dan hasilnya sekarang bagus,” kata Luhut. “Jadi, jangan baperan. Jangan gampang menuduh kiri-kananmu. Kalau kau tak suka, jangan pilih.”

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan pernah mendoakan Prabowo, yang merupakan calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), agar menang di Pilpres 2024.

“Kepada Pak Prabowo, yang sekarang sedang bersiap-siap lari untuk jadi presiden. Kita doakan semoga bisa sukses dalam perjalanan hidupnya,” kata Luhut pada Kamis, 28 September 2023 di Sopo Del Tower, Kuningan Jakarta.

Prabowo diketahui maju di Pilpres 2024 bersama Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra Jokowi. Luhut merupakan orang yang dipercaya Jokowi memegang banyak jabatan, dari Kepala Staf Kepresidenan hingga saat ini menjadi Menko Marves.

Saat ini, Luhut memang memberikan dukungannya pada Prabowo. Namun, saat Jokowi maju di Pilpres 2019, dia merupakan salah seorang yang cukup kritis mengomentari langkah-langkah Ketua Umum Partai Gerindra itu.