Oposisi Atau Koalisi Prabowo? Megawati Menjadi Penentu PDI Perjuangan

Megawati Menjadi Penentu PDI Perjuangan

MENIT.CO.ID – Oposisi atau Koalisi dalam Pemerintahan Probowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka? Megawati menjadi penentu PDI Perjuangan.

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan buka suara terkait dengan posisi partainya dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sejatinya, PDIP belum menentukan sikap apakah akan bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto atau menjadi oposisi seperti yang diklaim Ganjar Pranowo.

Politikus PDIP. Hendrawan Supratikno mengatakan keputusan akan dibuat dalam rapat kerja nasional (rakernas). Acara itu akan digelar akhir bulan depan.

“Nanti di bahas dalam rakernas 24-26 Mei,” kata Hendrawan sebagaimana diberitakan CNNIndonesia, Minggu (28/4/2024).

Hal serupa juga diungkap Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. Dia mengatakan sikap politik akan ditentukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan diumumkan dalam rakernas.

Menurut Basarah, PDIP siap menjalani peran sebagai oposisi ataupun koalisi. Dia berkata pengalaman PDIP di dua posisi itu telah teruji sejak Orde Baru.

“Jadi apa pun keputusan Ibu Megawati kelak, maka seluruh kader akan siap berada maupun di luar pemerintahan,” kata Basarah di Kantor PDIP, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, politikus PDIP Ganjar Pranowo menyebut ada kecenderungan PDIP berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto. Dia menyimpulkan hal itu dari beberapa pernyataan Megawati.

Secara pribadi, Ganjar juga berpendapat PDIP sebaiknya berada di luar pemerintahan. Dia menilai perlu ada keseimbangan kekuatan agar fungsi kontrol terhadap kekuasaan berjalan.

“Belum memutuskan ya, tapi saya kira kalau lihat statement-statement-nya Bu Mega, rasanya iya, di luar pemerintahan, kan kita tidak kenal (istilah) oposisi,” ucap Ganjar Pranowo.