Optimalkan Riset, Cawapres Sandiaga Janjikan Insentif & Kesejahteraan Peneliti

    Minggu, 17 Maret 2019 - 21:37 Editor : Redaksi Dibaca : 83 Views

    Menit.co.id Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya akan terus mengoptimalkan pengembangan riset di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kolaborasi antara dunia usaha dan akademisi.

    Dia mengungkapkan, pengalokasian dana yang besar belum tentu memastikan satu riset diberdayakan dalam dunia usaha. Untuk itu, pemerintah harus menjembatani antara kebutuhan dunia usaha agar dapat disediakan oleh akademik.

    “Menurut saya bagaimana mengonsolidasikan usaha, akademik dan pemerintah satu sinergi. Banyak tidak riset yang tidak bersambung dengan apa yang dibutuhkan dunia usaha. Di bawah Prabowo Sandi bukan hanya jumlah riset dan teknologi, tetapi form pengalokasiannya kita sinergikan dengan dunia usaha,” katanya di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (17/3).

    Dengan mengoptimalkan riset, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada kemakmuran masyarakat Indonesia. Sebab riset di bidang pertanian, dia mengungkapkan, mampu menekan biaya produksi.

    “Saya pernah mengelola dana riset dan teknologi. Banyak anak muda memiliki kemampuan dan bisa menciptakan terobosan di bidang pertanian, jika mereka bisa memastikan adanya pupuk organik dengan kualitas terbaik sehingga harga bahan pokok terjangkau akan tercapai,” jelasnya.

    Selain itu, Sandiaga menjanjikan adanya insentif bagi dunia usaha yang melakukan investasi di bidang riset. Harapannya nantinya dengan mengoptimalkan riset mampu menambahkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

    “Kami pastikan dunia usaha dapat insentif jika berinvestasi di riset. Kita beri intensif fiskal mau pun non fiskal,” ujarnya.

    Kemudian, Prabowo Sandi juga akan memberikan fasilitas bagi para peneliti di akademik. Selain itu, kesejahteraan bagi para peneliti ini juga akan dijamin oleh pemerintah.

    “Kami yakin anak Indonesia pintar, mereka memancarkan optimisme, kuncinya adalah memberikan peluang untuk mereka maju. Saya yakin Indonesia adil makmur bersama Prabowo Sandi,” tutup Sandiaga.

    [Merdeka]



    Komentar Pembaca: