Polres Dumai Ajak Jurnalis Wujudkan Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat

Polres Dumai Ajak Jurnalis Wujudkan Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat
Polres Dumai Ajak Jurnalis Wujudkan Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat

MENIT.CO.IDPolres Dumai ajak jurnalis wujudkan Pemilu 2024 damai dan bermartabat dengan menyampaikan berita berimbang serta menyejukkan untuk masyarakat.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton menyampaikan ajakan tersebut usai pembacaan deklarasi Pemilu 2024 damai oleh wartawan Kota Dumai dalam rangka mendukung tugas kepolisian.

“Situasi Dumai yang sudah kondusif ini harus kita jaga dan kawal bersama sama dengan menyajikan berita yang menyejukan dan mengedukasi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, peran media sangat penting untuk mewujudkan pemilu damai dan bermartabat. Hal ini Kapolres AKBP Dhovan sampaikan dalam kegiatan silaturahmi bersama awak media di Gedung Citra Waspada.

Menjelang Pemilu 2024, kata dia, kepolisian bersama pemerintah daerah dan penyelenggara terus bersinergi menjalankan tugas kepemiluan, terutama dalam menjaga situasi kamtibmas aman dan kondusif.

Termasuk juga dalam penanganan wilayah dianggap rawan akan diberikan perhatian khusus agar tidak terjadi gangguan dan hambatan. Kesiapan pelaksanaan Pemilu dan langkah antisipasi terus dimatangkan seluruh pihak.

“Tahapan kampanye sedang berjalan, dan sejauh ini situasi Dumai tetap kondusif yang harus terus dipertahankan. Kami bersama pihak terkait lain bertekad mewujudkan Pemilu damai, tentunya dengan peran dukungan wartawan,” jelasnya.

Ditambahkan, penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu, Polri, TNI dan wartawan harus mempunyai komitmen sama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas, aman dan damai.

“Ibaratnya, kita ini satu kapal satu tujuan. Mari samakan persepsi untuk menciptakan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan damai,” harap Kapolres.

Sementara, Komisioner KPU Dumai Divisi Hukum Syafrizal menyambut baik inisiasi Kapolres AKBP Dhovan menggandeng wartawan dalam menciptakan situasi dan kondisi aman kondusif untuk Pemilu 2024 mendatang.

KPU Dumai, lanjutnya, sudah menjalankan beberapa tahapan pelaksanaan Pemilu hingga kampanye yang sedang berlangsung saat ini hingga 10 Februari 2024 mendatang, dan semua sudah terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada kendala berarti.

“Kita mendukung sekali partisipasi dan keterlibatan semua pihak, termasuk awak media dalam menciptakan pemilu damai dan lancar ini,” kata Syafrizal.

Sedangkan Ketua PWI Kota Dumai Bambang Prayetno menyampaikan bahwa PWI berkomitmen untuk mendukung Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat.

“Setiap momen, senantiasa kami kaitkan dengan upaya mewujudkan Pemilu damai dan menghindari berita hoax dan patuh pada kode etik jurnalistik serta kode perilaku wartawan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi ini, Waka Polres Kompol Josina Lambiombir, Pejabat Utama Polres Dumai, Ketua PWI Bambang Prayetno, Komisioner KPU Syafrizal, Sekretaris Bawaslu Dumai Idrus dan puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak, tv, maupun elektronik.