Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Berjalan Usai Dilantik

Program Makan Siang Gratis

MENIT.CO.ID – Program makan siang gratis dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka jadi sorotan.

Belakangan muncul isu, bahwa program makan siang gratis Prabowo-Gibran baru dijalankan pada 2029 mendatang. Lantas benarkah program makan siang gratis baru berjalan pada 2029?

Tim Kampanye Nasional (TKN) calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyatakan, program makan siang gratis akan dijalankan begitu Prabowo-Gibran dilantik.

Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, meluruskan isu yang menarasikan program makan siang gratis Prabowo-Gibran baru terlaksana pada 2029.

“Isu yang menyebutkan program makan siang dan susu gratis baru dijalankan pada 2029 itu tidak benar. Program ini adalah program utama Prabowo-Gibran dan langsung akan dijalankan setelah Pak Prabowo dan Mas Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden,” kata Budisatrio dalam keterangan pers, Jumat (16/2).

Budisatrio menyebutkan, pernyataannya soal program makan siang gratis pada Desember 2023 lalu, dipotong dan dihilangkan konteksnya.

“Seolah-olah saya menyatakan bahwa program makan siang dan susu gratis baru terlaksana pada 2029,” ujar Budisatrio.

“Padahal yang benar program makan siang gratis baru mencapai target maksimalnya menjangkau 82,9 juta anak pada 2029,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Budisatrio menegaskan, program makan siang gratis akan berjalan sejak awal Prabowo-Gibran dilantik. “Namun, dilaksanakan secara bertahap, dan dengan skala prioritas. Jadi tidak langsung 82,9 juta anak langsung mendapatkan program ini pada tahun 2025. Daerah yang paling memungkinkan dan membutuhkan akan diprioritaskan terlebih dahulu pada tahun pertama,” kata Budisatrio.

“Lalu pada tahun-tahun berikutnya, 2026, 2027, dan seterusnya jumlahnya akan terus ditambah. Sehingga mencapai target maksimal 82,9 juta anak akan menerima program makan siang dan susu gratis pada 2029. Nah, pernyataan saya di bagian ini yang dipotong dan dihilangkan,” ucap dia.

Budisatrio juga menjelaskan bahwa pihak TKN sudah memantau misinformasi tersebut pada saat masa tenang. “Kami menduga ini bagian dari misinformasi yang sengaja disebarkan di masa tenang kampanye lalu. Padahal pernyataan saya yang dipotong tersebut adalah pernyataan di tanggal 4 Desember. Lalu dimunculkan kembali tanggal 13 Februari, lebih dari dua bulan kemudian,” kata Budisatrio.

Apa Itu Program Makan Siang Gratis?

Program Makan Siang Gratis Prabowo merupakan salah satu janji kampanye utama pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Program ini bertujuan untuk menyediakan makanan siang gratis bagi seluruh murid di sekolah, pesantren, anak-anak balita, dan bantuan gizi untuk ibu hamil.

Tujuan Program Makan Siang Gratis

Program ini memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Meningkatkan gizi dan kesehatan anak-anak Indonesia
  • Meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar anak di sekolah
  • Membantu meringankan beban ekonomi keluarga
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia

Sasaran Makan Siang Gratis

Sasaran program ini adalah:

  • Seluruh murid di sekolah negeri dan swasta dari tingkat PAUD/TK hingga SMA/SMK
  • Santri di pesantren
  • Anak-anak balita
  • Ibu hamil

Sumber Dana

Sumber dana untuk program ini berasal dari:

  • Penataan subsidi
  • Ekstensifikasi dan intensifikasi pajak
  • Penataan anggaran-anggaran yang tidak perlu di Kementerian atau Lembaga (K/L)

Implementasi Program

Program ini akan diimplementasikan secara bertahap. Pada tahun pertama, program ini akan difokuskan untuk murid di sekolah negeri di tingkat SD/MI.

Pada tahun kedua, program ini akan diperluas untuk murid di SMP/MTs dan SMA/SMK. Pada tahun ketiga, program ini akan diperluas untuk santri di pesantren, anak-anak balita, dan ibu hamil.