PSI Usung Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid di Pilpres 2022

Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid

Menit.co.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi usung Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid di Pilpres 2024 mendatang. Berikut ulasan lengkapnya.

Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dalam Pilpres 2024. Sementara untuk calon wakil presiden (cawapres) adalah Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, Yenny Wahid layak mendampingi Ganjar Pranowo. Sebab dia mempunyai kualitas pribadi yang mumpuni.

Sebagai tokoh perempuan Islam, Yenny Wahid begitu di hormati karena pemikirannya dan kontribusinya dalam gerakan sosial.

“Kombinasi Ganjar Pranowo-Yenny Wahid kami anggap adalah kombinasi terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan nasional,” kata Grace.

“Inilah pasangan yang akan di dorong oleh PSI untuk menjadi capres dan cawapres 2024 untuk mewujudkan Indonesia sebagai negeri yang adil dan juga toleran,” kata Grace dalam konferensi pers.

Adapun pemilihan Ganjar sebagai capres didasari dari hasil rembuk rakyat, sebuah mekanisme yang diinisiasi PSI untuk menjaring suara publik mengenai capres pilihan.

“Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024,” ujar Grace.

Menurut Grace, PSI melihat Ganjar sebagai sosok yang layak untuk diusung sebagai capres dalam menghadapi Pilpres 2022.

Gubernur Jawa Tengah itu di anggap sebagai capres terbaik lantaran memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan PSI.

PSI juga meyakini bahwa Ganjar dapat meneruskan berbagai pencapaian yang didapat Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama dua periode ini.

“PSI juga melihat Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan oleh Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia,” katanya.

Grace menegaskan bahwa pengusungan capres PSI jatuh ke nama Ganjar bukan nafsu dari elite PSI, melainkan murni pilihan rakyat. Kendati begitu, pilihan rakyat terhadap sosok Ganjar di anggap sejalan dengan kemauan PSI.

Ganjar di anggap tokoh politik yang mengikuti perkembangan zaman. Dia dapat memahami aspirasi anak muda Indonesia. Hal itu terbaca dari langkah Ganjar untuk memanfaatkan media sosial guna menyampaikan pikiran-pikirannya.

“Cara Mas Ganjar memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pikiran dan apa yang dia kerjakan memperlihatkan bahwa Mas Ganjar ini sosok yang mengikuti perkembangan zaman dan memahami cara komunikasi anak muda,” katanya.

Respon Ganjar Pranowo soal PSI

Ganjar mengaku berterimakasih atas dukungan PSI itu. “Terima kasih,” kata Ganjar saat dimintai tanggapannya di pasangkan dengan Yenny Wahid oleh PSI, Selasa (4/10/2022).

Ganjar Pranowo mengaku hingga saat ini belum ada komunikasi dengan PSI. Dirinya menyebut mengetahui kabar pencapresan PSI itu dari media.

“(Ada komunikasi dari PSI?) Nggak, nggak, belum, saya baca juga dari media,” kata Ganjar mengutip dari detikcom.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Giring Ganesha pernah mengatakan bahwa partainya tidak akan pernah mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Giring mengatakan, selama ini PSI selalu memantau kinerja Anies sebagai gubernur. Menurutnya, kinerja Anies buruk dan Fraksi PSI di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta memberikan rapor merah.