Seskab: Dukungan Partai Perindo kepada Presiden Jokowi Tak Istimewa

    Rabu, 2 Agustus 2017 - 19:37 Editor : Redaksi Dibaca : 254 Views

    Menit.co.id – Sejumlah partai politik mulai terang-terangan menyatakan dukungannya untuk Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Terbaru, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pimpinan Hary Tanoesoedibdjo yang menyatakan mendukung Jokowi.

    Hingga kini, partai-partai yang sudah deklarasi mendukung Jokowi di Pilpres 2019 adalah Golkar, PPP, PKPI. Sementara yang lainnya seperti Hanura, Nasdem, PKB, secara tidak langsung menyatakan dukungan kembali, namun belum tertuang dalam keputusan formal partai.

    Sekretaris Kabinet Pramono Anung melihat, mulai munculnya dukungan partai-partai ini karena pemilu 2019 berbeda dengan sebelumnya, yakni serentak antara Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif.

    “Ini memang membuat yang disebut tahun politik itu menjadi lebih maju sedikit dibandingkan dengan yang lalu. Karena ada urusannya di mana pemilu itu berjalan bersamaan,” kata Pramono, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

    Partai-partai yang sebelumnya mendukung dan kini melanjutkan dukungan itu, menurut Pramono, menunjukkan adanya kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi.

    Mengenai Perindo, yang selama ini berseberangan dengan pemerintahan Jokowi tapi kini balik mendukung, dinilai wajar. “Dalam politik kita kan sangat dinamis dan politik kita kan bukan politik yang blocking-nya permanen,” kata mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu.

    Dia mencontohkan di pilkada. Tidak selamanya koalisi di pusat juga berdampak pada daerah. Namun, lanjut Pramono, ini terjadi karena kedewasaan politik di Indonesia.

    Meski begitu, adanya partai yang awalnya berseberangan kemudian mendukung, bagi dia tidak ada yang istimewa. “Kalau kemudian yang dulu berseberangan lalu bergabung menurut saya hal yang biasa-biasa saja. Bukan hal yang istimewa,” kata politikus gaek ini.

    Sumber: Viva



    Komentar Pembaca:

    Menit.co.id sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.