Siapa Itu Ratu Wulla? Caleg NasDem Suara Terbanyak Mengundurkan Diri

Ratu Wulla Caleg NasDem

MENIT.CO.ID – Baru-baru ini nama Ratu Wulla, seorang caleg NasDem memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 2024 untuk DPR RI mengundurkan diri.

Pengunduruan diri Ratu Wulla, seorang calon legislator (Caleg) DPR-RI dari Partai Nasdem untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur II (NTT II), viral.

Informasi mengenai pengunduran diri politikus wanita bernama Ratu Ngadu Bonu Wulla diumumkan oleh salah satu saksi dalam rapat pleno rekapitulasi suara nasional untuk Dapil NTT di Jakarta.

Pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024, Ratu Wulla berhasil mengumpulkan 76.331 suara di Dapil NTT II, menjadikannya Caleg NasDem dengan perolehan suara tertinggi.

Sementara itu, mantan Gubernur NTT, Victor Laiskodat, hanya berhasil memperoleh 65.359 suara, jumlah yang masih lebih rendah dibandingkan dengan suara yang diperoleh oleh Ratu Wulla dalam Pemilu Legislatif 2024.

Siapa Ratu Wulla?

Ratu Wulla, seorang Caleg NasDem, lahir di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 12 Oktober 1979.

Pendidikan dasarnya ditempuh di Waikabubak, dimana ia bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2. Saat berada di SMP, ia pernah menjabat sebagai ketua kelas.

Setelah itu, Ratu melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Waikabubak dari tahun 1994 hingga 1997. Di SMA tersebut, ia juga menjabat sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Ratu kemudian melanjutkan studinya di Universitas Mataram pada tahun 1998 dengan mengambil jurusan Teknik Sipil. Pada tahun 2002, ia menjabat sebagai bendahara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Oikumene di universitas tersebut.

Selain itu, Ratu juga aktif di kegiatan organisasi, seperti menjadi anggota Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari tahun 1999 hingga 2001 di Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Di bidang organisasi, Ratu juga pernah menjabat sebagai pengurus di Bidang Pemberdayaan Anggota DPC Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Kota Mataram dari tahun 2003 hingga 2008.

Pada tahun 2004, ia juga sempat menjadi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ratu menikah dengan Markus Dairo Talu dan dikaruniai empat orang anak. Selain itu, ia juga memiliki usaha salon sejak tahun 2003 dan menjadi pimpinan serta pengajar di Lembaga Kursus Kecantikan Ratu sejak tahun 2006.

Sebelum mengundurkan diri, Ratu Wulla merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai NasDem dan menjabat sebagai anggota Komisi IX yang bertanggung jawab atas bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Respon KPU

KPU RI tidak secara langsung menggantikan caleg DPR RI nomor urut 5 dari Partai NasDem, Ratu Wulla, yang mengundurkan diri meskipun meraih suara terbanyak di Dapil NTT II pada pleno tanggal 12 Maret 2024. August Mellaz, seorang anggota KPU RI, menegaskan bahwa pihaknya tidak langsung mengganti caleg terpilih dari Partai NasDem yang meraih suara terbanyak di Dapil NTT II.

August Mellaz menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu mengenai pengunduran diri Ratu Wulla dari kontestasi Pemilu 2024 karena baru menerima surat dari perwakilan Partai NasDem.

“Kami tidak segera merespons surat pengunduran diri tersebut. Kami menerima surat tersebut seperti halnya surat yang biasanya diajukan ke KPU. Akan ada mekanisme untuk mengkajinya. Saat ini, fokus kami adalah pada rekapitulasi,” jelas Agust.

Ketua KPU Provinsi NTT, Jemris Fointuna, yang turut serta dalam pleno tersebut, membenarkan pengunduran diri Ratu Wulla dari Partai NasDem, caleg peraih suara terbanyak dari Dapil NTT II.

Pada pleno tanggal 12 Maret 2024, KPU menetapkan perolehan suara Partai NasDem dari DPR RI Dapil NTT II berdasarkan nomor urut, di antaranya Viktor Bungtilu Laiskodat dengan 65.359 suara, Jacki Uly 10.885 suara, Dorma Yulian Loak 2.179 suara, Gidien Mbilijora 11.170 suara, Ratu Ndadu Bonu Wulla 76.331 suara, dan Agustinus Nahak 12.348 suara.

Sementara itu, Sekretaris DPW NasDem NTT, Yusak Meok, mengaku bahwa pihaknya baru mendapat kabar melalui media sosial dan belum dapat memberikan tanggapan lebih lanjut.

Ratu Wulla, Anggota DPR RI dari Partai NasDem NTT, terpilih kembali untuk periode 2024-2029, namun mengundurkan diri. Meskipun pada Pemilu 2024, dia memperoleh suara lebih tinggi dari Viktor Bungtilu Laiskodat.

Pengunduran diri Ratu Wulla disampaikan oleh salah satu saksi Partai NasDem dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di KPU RI. Dapil NTT II meliputi sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur.