Siapa Thomas Lembong? Co-Captain Timnas AMIN di Pilpres 2024

Thomas Lembong

MENIT.CO.ID – Thomas Lembong namanya sedang menjadi perbincangan hangat publik. Hal ini menyusul dirinya menjadi Co-Captain Timnas AMIN di Pilpres 2024.

Nama Thomas Lembong sudah tidak asing lagi di kalangan publik dan dunia bisnis. Pria yang memiliki nama lengkap Thomas Trikasih Lembong adalah seorang ahli ekonomi.

Ia pernah sekolah di perguruan tinggi Universitas Harvard, AS. Thomas sendiri pernah menduduki jabatan sebagai Menteri Perdagangan pada tahun 2015-2016 lalu.

Siapa Thomas Lembong?

Thomas Lembong atau yang bernama lengkap Thomas Trikasih Lembong lahir pada 4 Maret 1971 di Jakarta. Usia Thomas pada 2023 ini adalah 52 tahun.

Ia lahir dari pasangan orang tua bernama Yohanes Lembong (ayah) dan Yetty Lembong (ibu). Istrinya yaitu Maria Franciska Wihardja yang dinikahinya pada 2002 silam.

Berbicara soal agama, Thomas Lembong dan keluarga merupakan pemeluk Katolik. Pria bergelar Bachelor of Arts yang diterimanya pada tahun 1994 itu bukan akhir dari perjalanannya.

Ia melanjutkan karirnya dengan bekerja di berbagai bidang pengalaman yang menambah skill hingga dikenal sebagai Thomas Lembong sekarang.

Mula-mula, setelah menamatkan studi S1-nya di luar negeri, pria 52 tahun itu bekerja di New York dan Singapura pada Divisi Ekuitas Morgan Stanley tahun 1995 silam.

Meski tamatan Bachelor of Arts pada bidang arsitektur dan tata kelola, bukan berarti dirinya tidak mahir di rumpun ilmu yang lain.

Hal ini dibuktikan saat dirinya menjadi bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia sepanjang tahun 1999-2000. Tak kalah melejit, Thomas juga memiliki riwayat kerja di Deutsche Bank, Jakarta.

Pengalaman berharga selama masa sepak terjangnya membangun karir antara lain seperti Kepala Divisi dan Wakil Presiden Senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (2000-2002) dan Farindo Investments (2002-2005).

Tom, sapaan akrabnya, juga tidak lain adalah pendiri sekaligus didapuk sebagai Chief Executive Officer dan Managing Partner di Quvat Management, perusahaan dana ekuitas swasta.

Banyak menekuni bidang di dunia ekonomi dan perbankan, tahun 2013 adalah saatnya di mana Thomas Lembong mulai melebarkan sayap ke politik.

Dirinya mengabdikan diri sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Jokowi, yang masih berstatus Gubernur DKI Jakarta saat itu, hingga sampai periode pertama menjadi Presiden RI.

Masuk ke ranah politik, membuat Thomas menemukan sesuatu yang baru seolah berbeda dari latar belakangnya sebagai sosok ekonom senior dengan sepak terjang tinggi.

Kesempatan emas juga turut menghampiri dirinya tatkala ia ditunjuk untuk mengemban tugas di kementerian, yakni sebagai Menteri Perdagangan pada 2015-2016.

Selanjutnya, karir makin meluas hingga dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 2016-2019 (sekarang Kementerian Investasi).

Thomas Lembong Jabat Co-Captain Timnas AMIN

Kini, Thomas Lembong adalah co-captain dalam tim pemenangan capres cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Posisi ini tentunya akan bertugas membantu ketua tim dalam upaya pemenangan pasangan calon presiden dan wakilnya tersebut, bersama 11 co-captain lain yang tergabung sebagai Timnas AMIN di Pilpres 2024.

Demikian mengenai Thomas Lembong siapa, yang tidak lain merupakan seorang ekonom senior Indonesia dengan sederet sepak terjang karir luar biasa, hingga didapuk sebagai co-captain Timnas AMIN.