Sosok Tom Lembong, Pria Live TikTok Bersama Anies Baswedan Pernah Jadi Mendag

Tom Lembong Live TikTok Anies Baswedan

MENIT.CO.ID – Nama Tom Lembong atau Thomas Trikasih Lembong mendadak jadi topik perbincangan usai live TikTok bersama Capres Anies Baswedan.

Tak ayal, aksi Tom Lembong live TikTok bersama Anies Baswedan membuat warganet ingin mengenal lebih dalam tentannya. Usut punya usut, Tom Lembong pernah jadi Mendag.

Sosok Tom Lembong kini benar-benar sedang menjadi pusat perhatian publik usai Live TikTok bareng Capres Anies Baswedan. Bahkan namanya menjadi trending di media sosial X.

Dalam live TikTok, Tom Lembong dan Anies Baswedan turut menyapa warganet. Live TikTok antara Capres 01 dan Timnya itu menjadi perhatian pendukung Anies Baswedan, Humanies, sebutan bagi fandom Anies Bubble.

Itu juga merupakan Live TikTok Tom Lembong pertama dengan Anies Baswedan dalam satu frame. Lantas siapa sosok Tom Lembong?

Nama lengkapnya adalah Thomas Trikasih Lembong. Tom Lembong kerap membagikan informasi mengenai kegiatannya sehari-hari melalui akun Instagram dan X miliknya.

Tak jarang kontennya video yang ia buat viral. Ia juga aktif membagikan video tentang kata-kata motivasi.

Pria bermbut klimis itu juga selalu menyapa followersnya, bahkan tak jarang ia membalas komentar seperti ketika warganet menanyakan rekomendasi buku bacaan, Thomas Lembong tak segan memberikan petunjuknya.

Thomas Lembong adalah sosok penting di balik pemenangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Thomas Lembong dulu menjabat menteri di periode pertama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Tom lahir di Jakarta pada 4 Maret 1971.

Ia adalah alumni arsitektur dan perancangan kota di Universitas Harvard, lulus pada tahun 1994.

Pada 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016, Thomas Lembong mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi intuk menjabat Menteri Perdagangan Indonesia.

Kemudian lewat reshuffle kabinet, ia digeser menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau kini dikenal Menteri Investasi.

Jabatan itu diemban sejak 27 Juli 2016 hingga 23 Oktober 2019. Tom Lembong juga dikenal sebagai penulis pidato yang handal. Ia bertanggung jawab atas beberapa pidato Presiden Jokowi yang sangat berkesan.

Di antaranya pidato “Game of Thrones” yang terkenal, yang disampaikan pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada tahun 2018.

Selain itu, Tom juga merangkai pidato “Thanos” yang disampaikan Presiden Jokowi dalam Forum Ekonomi Dunia.

Setelh meninggalkan jabatan dalam pemerintahan, Thomas Lembong mendirikan Consilience Policy Institute yang resminya beroperasi di Singapura.

Lembaga itu bertujuan menjadi platform pemikir yang mendorong kebijakan ekonomi internasionalis dan reformis di Indonesia.

Pada bulan Agustus tahun 2021, Gubernur DKI Jakarta saat itu, yakni Anies Baswedan, mengangkat Thomas Lembong sebagai Ketua Dewan di PT Jaya Ancol.

PT Jaya Ancol merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Tom kemudian menduduki posisi penting ini dalam badan usaha tersebut, membawa pengalaman serta wawasan yang luas dari kegiatan sebelumnya dalam lembaga pemikir dan pemerintahan.

Selain itu, Tom juga memiliki beberapa prestasi di antaranya Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum di Davos yang diraih pada tahun 2008, Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship 2017.

Ada juga Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade (Gwanghwa Medal) – Korea Selatan yang diraih pada 8 Desember 2020.