Susilo Bambang Yudhoyono dan Kenangan Jejak Bersejarah Rumah Cikeas

    Sabtu, 9 September 2017 - 17:26 Editor : Redaksi Dibaca : 234 Views

    Menit.co.id – Matahari baru saja beranjak dari peraduannya ketika petugas di rumah pribadi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selesai berbenah, merapikan kursi dan podium.

    Sabtu (9/9) pagi itu Partai Demokrat menggelar acara ulang tahun ke-16, yang bertepatan dengan genapnya usia SBY menjadi 68 tahun. Acara digelar pukul 06.30 WIB di akhir pekan.

    SBY sendiri memang identik dengan Demokrat. Selain punya kesamaan tanggal lahir, rumah pribadi SBY pun lekat dengan perjalanan organisasinya.

    “Di rumah Cikeas ini, 16 tahun silam atas berkat Allah Swt, Tuhan yang maha kuasa, saya dan sejumlah sahabat menggagas berdirinya demokrat,” ujar SBY dalam pidato politiknya.

    “Di tempat ini kami rumuskan manifesto politik yang memperkenalkan jati diri partai kita.”

    “Kami ciptakan pula bendera dan mars Partai Demokrat. Dalam perjalanan sejarah partai, tempat ini dijadikan basis perjuangan untuk mencapai cita-cita kami semua menjadi lebih baik.”

    SBY juga menyebut, rumah Cikeas pun selalu menjadi saksi jatuh-bangun Partai Demokrat dalam perjalanan mereka di dunia politik Indonesia.

    “Pada 2004 ketika Demokrat baru tiga tahun, kami bersyukur karena masuk lima besar dalam pemilu, dan dalam pemilu 2004 saya terpiluh jadi presiden.”

    “Di tempat ini, tahun 2009, kami lebih bersyukur lagi pada Allah Swt karena Demokrat jadi pemenang pertama. Dan saya terpilih kembali jadi presiden indonesia.”

    “Di tempat ini pula kami dengan lapang dada menerima kekalahan pada pemilu 2014.”

    Selain mengenang perjalanan Partai Demokrat, dalam acara yang dihadiri Ani Yudhoyono, Agus Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, serta Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan itu SBY juga memberi pesan bahwa di dalam politik akan ada suka duka.

    “Ada kalanya kita menang, ada kalanya kita kalah dan memetik hikmah, sometimes we win, sometimes we learn,” ujarnya.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: