Video Anggota KPPS Viral, Salam 2 Jari dan Sebut Capres Prabowo Subianto

Video Anggota KPPS Viral

MENIT.CO.ID – Telah menjadi topik perbincangan hangat sebuah video anggota KPPS viral melakukan salam dua jari untuk Prabowo Subianto. Ini ulasannya.

Jagat media sosial sedang diramaikan sebuah video viral memperlihatkan anggota KPPS wanita melakukan salam dua jari sambil menyebut Capres Prabowo Subianto.

Ingin tahu bagaimana video anggota KPPS viral karena melakukan salam dua jari sambil menyebut nama Capres Prabowo Subianto dan berujung dipecat?

Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah heboh dengan anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang viral karena dipecat seusai dilantik oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Awalnya, beredar video seorang wanita yang diunggah di story akun Facebook Helmy Ocess, yang menunjukkan salah satu anggota KPPS berpose salam dua jari dan menyebut salah satu nama capres.

Dalam video yang beredar, anggota KPPS tersebut terlihat melakukan selfie dengan kedua temannya, lalu menunjukkan pose dua jari dan tak segan-segan menyebut nama “Prabowo”.

Wanita tersebut bahkan sempat ditegur oleh kedua temannya dan juga petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) setempat, namun ia berdalih dan disebutnya sebagai bercandaan saja.

Video yang diunggah pada hari Minggu, 28 Januari 2024 kemarin itu sontak menjadi viral dan menimbulkan komentar miring di media sosial karena petugas pemilu tersebut dianggap tidak netral.

Dilansir dari akun Instagram @sisiterang.official, pihak KPU Kabupaten Pangandaran telah mengonfirmasi bahwa peristiwa tersebut terjadi sebelum bimtek (bimbingan teknis) KPPS pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 dan akhirnya menindaklanjuti video viral tersebut dengan melakukan pemecatan.

“Memang betul soal video viral itu dan ada saksinya juga, maka anggota KPPS tersebut akhirnya dipecat,” ucap Ketua KPPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin.

Diketahui, wanita dalam video yang beredar sebelumnya sudah dilantik dan mengucap sumpah sebagai anggota KPPS Desa Pagerbumi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran.

Menurut Sukandar, Anggota Komisioner KPU Pangandaran Divisi Hukum dan Pengawasan mengatakan bahwa anggota KPPS yang berpose salam dua jari hingga menyebut nama “Prabowo” tersebut bersikap tidak netral dan telah melanggar kode etik.

Baca Juga: Inaya Wahid Beri Pesan Menohok Untuk Prabowo Usai ‘Ndasmu Etik’ Viral, Singgung Soal Akhlak Seorang Pemimpin

“Berdasarkan video yang beredar dan keterangan saksi, hasilnya anggota KPPS terkait resmi dipecat karena telah terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu. Sementara SK sedang diterbitkan,” ucap Sukandar, dikutip dari akun Instagram @sisiterang.official.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cigugur pun tengah menunggu SK terkait pemecatan anggota KPPS dan telah menyiapkan penggantinya.