Apa Itu Aplikasi Discord? Aplikasi Pilot Pramugari Selingkuh Viral

Aplikasi Discord

MENIT.CO.ID – Belakangan sebuah Aplikasi Discord mendadak jadi topik perbincangan lantaran digunakan oleh pilot pramugari selingkuh viral di jagat media sosial.

Tak pelak, banyak warganet yang penasaran dengan Aplikasi Discord. Mulai dari kegunaan dan untuk apa sebenarnya Aplikasi Discord ini. Berikut ulasannya.

Aplikasi Discord merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai alat berkomunikasi secara online. Aplikasi Discord dapat berkirim pesan melalui panggilan suara, panggilan video, dan voice chat.

Fitur baru Discord yang mulai dikenalkan memiliki berbagai manfaat di dalamnya, salah satu mirip dengan thread yang ada di media sosial Twitter alias X.

Apa Itu Aplikasi Discord?

Melansir dari berbagai sumber, Aplikasi Discord merupakan platform media sosial baru yang kerap digunakan untuk berkomunikasi oleh warganet.

Aplikasi ini biasa digunakan untuk mendukung komunikasi dalam sebuah permainan gim online. Discord dinilai lebih unggul dalam mengirimkan pesan dibanding fitur komunikasi yang tersedia di dalam gim.

Mengutip dari Google Play, Discord adalah tempat berkumpul bagi komunitas dan ajang pertemanan. Tempat untuk berinteraksi dan bersenang-senang lewat pesan, suara, dan video.

Mulai dari kelompok sekolah, grup bermain gim, komunitas seni dari seluruh dunia, atau beberapa orang teman yang sekadar ingin nongkrong bersama. Discord memudahkan kamu mengobrol setiap hari dan berkomunikasi lebih sering.

Aplikasi Discord dirilis pada 2015 di Amerika. Aplikasi ini tidak lagi hanya digunakan oleh para gamers untuk mabar games online. Ia juga bisa dijadikan platform khusus pembelajaran.

Fitur Aplikasi Discord

Fitur pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan lintas platform. Fitur baru dalam Discord ini sangat sesuai untuk digunakan oleh para pemain, terutama ketika bermain bersama teman dalam sesi “mabar” (main bareng). Hal ini disebabkan oleh kemampuan lintas platform yang memungkinkan setiap pemain terhubung tanpa terkecuali dari berbagai platform atau perangkat yang mereka gunakan, baik itu PC maupun perangkat seluler.

Fitur selanjutnya yang patut dicatat adalah voice chat, yang menjadi favorit di kalangan para gamer. Keberadaan fitur Discord ini mempermudah interaksi langsung antar pemain saat sedang bermain. Hal ini tidak hanya memungkinkan para gamer berkomunikasi tanpa hambatan, tetapi juga menambahkan dimensi interaktif dalam pengalaman bermain mereka.

Fitur Threads memungkinkan pengguna untuk membuat ulasan cerita di dalam Discord. Setelah seseorang membuat Threads, pengguna lain dapat menambahkan obrolan baru secara terpisah. Meskipun demikian, obrolan tersebut tetap relevan dengan topik utama yang dibahas di server sebelumnya.

Fungsi fitur Discord ini juga membantu menyusun obrolan pada Threads dengan lebih teratur, karena secara otomatis mengelompokkan beberapa obrolan pada tempat yang sama. Dengan demikian, pengguna aplikasi Discord dapat dengan mudah mendapatkan informasi atau berkomunikasi dengan jelas.

Fitur Threads pada aplikasi Discord dibagi menjadi dua jenis, yaitu Threads privat dan Threads umum. Pengguna Discord dapat memilih untuk menggunakan keduanya sesuai kebutuhan.

Dua fitur pengurangan noise yang terdapat dalam aplikasi Discord adalah noise suppression dan noise cancelling. Fungsi dari fitur Discord ini adalah membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih dengan meredam suara-suara bising yang mengganggu, seperti suara pintu, barang jatuh, gesekan mouse, suara keyboard saat mengetik, dan suara bising lainnya yang dapat mengganggu ketika sedang mabar.

Sementara itu, fitur Stage Channel berfungsi untuk mengatur siapa saja yang dapat berpartisipasi dalam server tertentu. Pengguna dapat memilih secara selektif siapa yang dapat bergabung ke dalam server mereka. Fitur ini mirip dengan konsep Clubhouse, di mana pengguna dapat mengundang orang untuk bergabung dalam obrolan di server mereka.

Pengguna dalam aplikasi Discord dapat dibagi menjadi dua peran, yaitu pembicara dan audience. Moderator memiliki kontrol atas siapa yang diizinkan berbicara, bahkan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan seseorang dari Stage Channel. Audience dapat mengangkat tangan jika ingin berbicara atau mengajukan pertanyaan.

Fitur Stage Channel hanya dapat diakses dan tersedia pada Community Server. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan Community Server terlebih dahulu.