Apa Itu Platform Merdeka Mengajar? Begini Cara Menggunakannya

Platform Merdeka Mengajar

MENIT.CO.ID – Sekarang ini Platform Merdeka Mengajar sedang menjadi topik perbincangan warganet hingga muncul di halaman Google Trend, pada Senin (18/3/2024).

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui Platform Merdeka Mengajar dan cara menggunakannya bisa simak pada artikel ini sampai selesai.

Platform Merdeka Mengajar adalah sebuah platform yang diterbitkan oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid dan menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi.

Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu guru dalam mengajar, termasuk:

Teaching Better: Aplikasi ini menyediakan koleksi soal dan paket soal yang dapat disebarkan online atau offline kepada siswa dalam kelas.

Teaching Device Products: Platform Merdeka Mengajar menyediakan inspirasi dan referensi materi pendidikan dalam bentuk modul pendidikan, materi pendidikan, modul proyek, dan buku teks. Guru dapat mengunduh dan menggunakan materi langsung di kelas.

Developing Better Competencies: Platform ini menyediakan koleksi video inspiratif untuk praktik pengajaran dan pengembangan kompetensi dalam aspek persoalan dan sosial dalam proses belajar.

ndependent Training: Platform Merdeka Mengajar menyediakan materi pengembangan kompetensi untuk guru, yang dapat digunakan secara independen oleh guru untuk mengembangkan kompetensi sendiri.

Cara Menggunakan Platform Merdeka Mengajar

Cara menggunakan Platform Merdeka Mengajar dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

1. Menggunakan Aplikasi

Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau website guru.kendikbud.go.id.

2. Menggunakan Website

Platform Merdeka Mengajar juga dapat diakses melalui website Merdeka Mengajar pada tautan https://guru.kendikbud.go.id.

3. Mengisi Pelaksanaan Kinerja

Untuk mengisi pelaksanaan kinerja, pengguna dapat mengklik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar.

4. Mengakses Platform

Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui akun Belajar.id, menggunakan perangkat android, atau melalui website Merdeka Mengajar pada tautan https://guru.kendikbud.go.id.

5. Menggunakan Menu Kelas

Untuk menambahkan kelas, pengguna dapat mengklik tombol “Class” pada halaman utama, lalu mengklik “Create Class” dan mengisi informasi kelas seperti nama kelas, tingkat, dan tahun akademik lalu klik “Save”.

6. Mengisi Data Siswa

Untuk mengisi data siswa, pengguna dapat mengklik tombol “Add Class Students” atau “Finish” setelah mengisi informasi kelas, lalu mengisi informasi siswa seperti nama lengkap, NIS, dan tahun lahir, lalu klik “Save”.

Platform Merdeka Mengajar menawarkan fitur-fitur yang mempermudah guru dalam mengajar, seperti koleksi soal dan paket soal, materi pendidikan, modul proyek, dan buku teks, serta fitur privasi yang lebih lengkap dan emoji kustom.

Selain itu, platform ini juga menyediakan toolkit asesmen untuk mengukur capaian belajar siswa, yang dapat digunakan untuk menganalisa kompetensi murid-murid di setiap kelas.