Apa Peranan Media Sosial? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Tips Bijak Bermedia Sosial

Menit.co.id – Apa peran media sosial? Lalu apa saja nama media sosial yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat? Temukan informasinya di bawah ini.

Media sosial memiliki peran cukup setrategis dalam penyebaran informasi dalam segi promosi dan lain sebagainya di tenah kecagihan teknologi saat ini.

Media sosial kian di gemari anak muda. Cukup bermodalkan ponsel berbasis internet yang mudah di bawa ke mana saja, informasi jadi lebih mudah di cari dan di dapatkan.

Maka tak heran, media sosial sangat berperan bagi generasi milenial untuk mencari informasi. Media sosial sangat berperan dalam penyebaran informasi bagi masyarakat luas.

Sejak awal dibangun, sosial media diperuntukkan sebagai wadah bagi para penggunanya agar dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan bertukar informasi dan ide di komunitas.

Peran media sosial dalam hal ini meliputi blog, jejaring sosial, forum, dan dunia visual. Produksi informasi dan berita saat ini bukan lagi eksklusif hanya dilakukan oleh penerbit berita besar.

Saat ini siapa pun bisa menjadi pembuat berita dan memberikan dampak kepada orang banyak. Begitupun dengan konsumsi informasi yang dapat dengan bebas dinikmati siapa saja melalui media digital.

Media sosial memiliki beberapa karakteristik terkait penyampaian informasi di dunia digital. Beberapa karakteristik tersebut diantaranya pesan yang disampaikan bersifat umum dan ditujukan untuk banyak orang.

Isi pesan yang disampaikan bersifat bebas, Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat menyebar dibanding media lainnya.

Kekuatan yang pada media sosial inilah yang sesuai sebagai media alternatif penyebaran informasi selain media konfensional seperti brosur, leaflet, dan komunikasi tatap muka.

Sebutkan 5 Contoh Media Sosial

Berikut adalah 5 contoh media sosial yang selama ini digemari masyarakat dan gratis versi App Store:

1. Whatsapp

Media sosial yang paling banyak digunakan pertama adalah Whatsapp. Aplikasi ini menyediakan layanan pesan dan panggilan hanya dengan internet.

Whatsapp dirilis dari tahun 2009 dan menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan hingga sekarang.

2. Instagram

Instagram adalah media sosial dengan pengguna terbanyak selanjutnya. Di App Store Instagram menempati peringkat 3 aplikasi gratis teratas dengan rating 4,8 dari 5.

Instragram merupakan sosial media yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara daring. Selain dapat mengunggah foto atau video, Instagram juga mempunyai beberapa fitur lain seperti Instastories, IGTV, reels, Direct Message, panggilan video dan masih banyak lagi.

Selain itu, Instagram juga digunakan sebagai tempat orang berjualan online.

3. Youtube

Sosial media dengan pengguna terbanyak selanjutnya adalah Youtube. Tercatat di App Store Youtube menempati peringkat 4 aplikasi gratis teratas dan peringkat 2 aplikasi foto dan video.

Di tahun 2021 Youtube kian populer di Indonesia, dengan berbagai content creatornya. Dilansir wikipedia Youtube adalah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan Paypal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

4. Tiktok

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan d Indonesia. Tiktok menempati posisi 5 aplikasi gratis teratas dan menempati posisi 1 aplikasi hiburan di App Store.

Media sosial ini merupakan platform yang bisa memungkinkan para pengguna membuat dan membagikan video musik kreatif. Tiktok terbilang media sosial yang sangat cepat populer, pasalnya media sosial ini dirilis tahun 2016 lalu.

5. Facabook

Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak juga. Didirikan tahun 2004 oleh Marc Zuckerberg, Facebook terus berkembang dan bertahan hingga sekarang.

Baru-baru ini Facebook telah mengganti nama perusahaannya menjadi Meta. Meta sendiri merupakan perusahan yang menaungi berbagai media sosial yaitu Whatsapp, Instragram termasuk Facebook sendiri.

Tercatat di App Store, media sosial yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas secara daring ini menempati peringkat 9 aplikasi gratis teratas dan peringkat 2 aplikasi jejaring sosial.