Blake Chandlee Tegaskan Facebook Tak Bisa Saingi TikTok

Seleb Tiktok SC

Menit.co.id – Facebook berupaya keras memberikan fitur terbaik kepada penggunannya agar bisa saingi TikTok. Apakah bisa? Berikut pesan bos TikTok.

Persaingan Facebook dan TikTok semakin panas. Facebook berupaya keras merangkul pengguna dengan beragam fiur baru.

Sedangkan, TikTok menegaskan perusahaan milik Mark Zuckerberg itu takkan bisa menyaingi mereka dari segi apapun.

Apalagi saat ini Facebook di ketahui semakin gencar mengembangkan fitur video pendek lewat layanan Reels di Instagram yang mirip dengan TikTok.

President of Global Business Solution TikTok, Blake Chandlee menegaskan Facebook akan kesulitan untuk menyaingi perusahaan yang telah lebih dahulu mengembangkan video pendek itu

Blake Chandlee yang sesumbar dengan pernyataannya tersebut karena dia pernah bekerja di Facebook selama 12 tahun.

Menurut Blake, Facebook dan TikTok adalah dua platform yang sangat berbeda. “Perbedaannya signifikan. Ini adalah perbedaan besar,” tutur Blake Chandlee di kutip dari CNBC, Senin, 20 Juni 2022.

Facebook, lanjut Blake, adalah platform sosial yang telah sejak lama membangun semua algoritme bisnisnya berdasarkan grafik sosial.

“Itu adalah inti kompetensi mereka,” seraya menegaskan TikTok di buat sebagai platform hiburan yang berbeda dengan Facebook.

Lebih jauh Blake bahkan mengingatkan Facebook untuk tidak meniru layanan yang mereka sediakan karena hanya akan membuat bisnis mereka berantakan.

Layanan Reels Instagram, platform yang juga di miliki Facebook, meluncurkan fitur ini ada tahun 2020. Kepala aplikasi Facebook, Tom Alison kepada The Verge mengatakan bahwa dia melihat TikTok semakin mencuri pangsa dari jejaring sosial terbesar di dunia.

Facebook pun berencana untuk mengubah tampilan utamanya agar lebih mirip TikTok dengan merekomendasikan lebih banyak konten.

Awal tahun ini, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengakui terjadinya peningkatan tekanan yang kompetitif dari TikTok.

“Inilah mengapa fokus kami pada Reels sangat penting dalam jangka panjang,” ujar Zuckerberg.

Saingi Tiktok, Facebook Rombak Feed

Sebelumnya Mark Zuckerberg dan eksekutif Meta juga memutuskan untuk merombak tampilan Facebook agar bersaing dengan TikTok.

Salah satu yang sedang dilakukan Meta adalah mendesain ulang feed utama Facebook.

Dengan wujud tampilan yang nantinya menekankan konten dari halaman, pembuat, dan orang yang belum kamu ikuti, menurut memo dari eksekutif Facebook yang di terbitkan oleh The Verge.

Memo tersebut, dari Tom Alison yang mengepalai aplikasi Facebook di Meta, menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengubah Facebook menjadi ‘Discovery Engine’.

Seperti akan mempunyai rekomendasi mirip seperti ‘FYP/For You Page’ TikTok. Rekomendasi utama akan datang dari konten yang tidak terhubung, termasuk Reel, dan pengguna akan melihat lebih sedikit postingan dari teman dan keluarga di feed mereka.

Perubahan Facebook

Rencana perubahan tampilan Facebook ini juga akan membawa kotak masuk Messenger kembali ke aplikasi Facebook.

Dalam upaya mendorong pengguna untuk berbagi lebih banyak konten dari ‘Discovery Engine’.

Belum jelas berapa lama waktu yang di butuhkan Meta untuk menerapkan perubahan ini, namun di Instagram beberapa di antaranya sudah mencerminkan perubahan itu.

Tapi ini bukan pertama kalinya para eksekutif Meta mengisyaratkan perubahan besar yang akan datang di aplikasi Facebook.

Mark Zuckerberg pernah mengatakan pada bulan April bahwa perusahaan berada di tengah-tengah ‘pergeseran besar’ yang akan mengubah di namika feed untuk menekankan rekomendasi berbasis AI di atas grafik sosial pengguna.

Namun, memo dari Alison memperjelas betapa pentingnya prioritas baru bagi perusahaan, yang berusaha mati-matian untuk mengejar TikTok.