Cara Bikin Story di Telegram, Ikuti Panduan Berikut Ini

Cara Login Telegram Via Email

MENIT.CO.ID – Simak, cara bikin story di Telegram. Artikel kali ini akan memandu Anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat story di Telegram.

Sebelum mengetahui cara bikin story di Telegram, ketahuilah manfaat dan kegunaan aplikasi Telegram itu sendiri. Yuk, simak selengkap di ulasan berikut ini.

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh perusahaan asal Rusia, yaitu Telegram Messenger LLP. Aplikasi ini dirilis pada bulan Agustus 2013 oleh Pavel Durov dan saudaranya, Nikolai Durov.

Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan berbagai jenis file lainnya dengan cepat dan aman melalui koneksi internet.

Apa saja fitur utama Telegram?

Berikut adalah beberapa fitur utama dan karakteristik Telegram:

Keamanan dan Privasi yang Tinggi

Telegram menempatkan penekanan besar pada keamanan dan privasi pengguna. Pesan dienkripsi dengan protokol enkripsi yang kuat untuk melindungi konten dari akses oleh pihak ketiga. Telegram juga menawarkan fitur Obrolan Rahasia yang menggunakan enkripsi end-to-end, sehingga hanya pengguna yang berkomunikasi yang dapat membaca pesan, bahkan Telegram sendiri tidak memiliki akses.

Cloud-Based

Telegram menyimpan semua data pengguna, termasuk riwayat pesan dan file, di server cloud. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan mereka dari berbagai perangkat yang berbeda dan memudahkan proses sinkronisasi.

Multiplatform

Telegram dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Android, iOS, Windows, macOS, dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi web.

Grup dan Channel

Telegram memungkinkan pembentukan dan partisipasi dalam grup obrolan dengan hingga ribuan anggota. Ada juga fitur saluran (channel) yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada banyak orang sekaligus tanpa perlu mengungkapkan identitas mereka. Saluran ini sering digunakan untuk menyebarkan informasi publik dan berita.

Bots

Telegram menyediakan dukungan penuh untuk bots (robot) yang dapat digunakan untuk otomatisasi tugas tertentu, memberikan informasi, bermain game, dan banyak lagi. Banyak pengembang telah menciptakan berbagai bots yang berfungsi sebagai asisten pribadi atau hiburan.

Stiker

Telegram mendukung stiker yang dapat digunakan untuk menyampaikan emosi dan pesan secara lebih menarik dan lucu dibandingkan dengan pesan teks biasa.

Self-Destructing Messages

Pengguna dapat mengatur pesan agar menghilang dengan sendirinya setelah waktu tertentu setelah dibaca oleh penerima. Fitur ini disebut “Pesan yang Hilang” (Disappearing Messages).

Fast and Lightweight

Meskipun memiliki banyak fitur, Telegram tetap cepat dan ringan dalam penggunaan sumber daya, yang membuatnya populer di berbagai perangkat dan kondisi jaringan.

Open API

Telegram menyediakan API terbuka yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi dan integrasi khusus dengan platform tersebut.

Gratis dan Tanpa Iklan

Telegram adalah aplikasi gratis dan tidak menampilkan iklan yang mengganggu pengalaman pengguna.

Penting untuk diingat bahwa meskipun Telegram menawarkan tingkat keamanan dan privasi yang tinggi, pengguna harus tetap berhati-hati dengan informasi sensitif yang dibagikan melalui aplikasi pesan apa pun dan harus mengikuti praktik keamanan digital yang baik.

Cara Membuat Story di Telegram

Untuk membuat cerita (story) di Telegram, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut secara lengkap:

Buka Aplikasi Telegram

Pastikan Anda memiliki aplikasi Telegram terinstall di perangkat Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS) dan instal aplikasinya.

Masuk atau Buat Akun

Jika Anda belum memiliki akun Telegram, buatlah terlebih dahulu dengan memasukkan nomor telepon Anda dan mengikuti proses verifikasi.

Masuk ke Layar Utama

Setelah masuk ke akun Telegram Anda, akan muncul layar utama dengan daftar obrolan dan kontak Anda.

Buka Fitur “Stories”

Di bagian atas layar utama, Anda akan melihat fitur “Stories” (cerita) yang biasanya ditandai dengan ikon kamera. Ketuk ikon tersebut untuk membuka layar Stories.

Buat Cerita Baru

Setelah masuk ke layar Stories, Anda akan melihat tombol “Buat Cerita Baru” atau “+” di bagian bawah layar. Ketuk tombol ini untuk memulai membuat cerita baru.

Unggah Foto atau Video

Anda akan diarahkan untuk mengunggah foto atau video untuk cerita Anda. Anda dapat memilih untuk mengambil gambar/video baru atau memilih dari galeri perangkat Anda. Pilih media yang ingin Anda bagikan sebagai cerita.

Tambahkan Teks atau Stiker (Opsional)

Setelah memilih foto atau video, Anda dapat menambahkan teks atau stiker untuk memperkaya cerita Anda. Telegram menyediakan berbagai stiker yang dapat Anda pilih dan juga fitur untuk menambahkan teks dengan berbagai gaya dan warna.

Atur Durasi Cerita (Opsional)

Anda juga dapat mengatur durasi cerita dengan menggeser slider waktu yang ada di bagian atas layar. Ini akan menentukan berapa lama cerita Anda akan ditampilkan sebelum berganti ke cerita berikutnya atau kembali ke layar utama.

Post Cerita

Setelah Anda puas dengan cerita yang dibuat, ketuk tombol “Post” atau “Kirim” untuk membagikan cerita tersebut. Cerita Anda akan muncul di bagian atas daftar cerita di layar utama Anda dan akan dapat dilihat oleh kontak Anda selama 24 jam.

Lihat dan Hapus Cerita

Anda dapat melihat cerita yang telah Anda posting di layar utama dengan mengklik ikon cerita. Di sana, Anda juga dapat melihat siapa saja yang telah melihat cerita Anda. Jika Anda ingin menghapus cerita sebelum 24 jam berakhir, Anda dapat melakukannya dengan memilih cerita Anda dan memilih opsi “Hapus”.

Demikianlah cara lengkap membuat cerita di Telegram. Selamat mencoba!