Cara Menggunakan Google Trends untuk Pemilik Website

Cara Menggunakan Google Trends

Menit.co.id – Cara menggunakan google trends untuk pemilik website dalam meriset kata kunci terdapat di dalam ulasan berikut ini. Yuk simak informasinya.

Google Trends adalah tools untuk melakukan riset kata kunci yang sering di pakai para pemilik webiste baik itu portal berita maupun jenis lainnya.

Memiliki sebuah website dengan banyak pengunjung tentu menjadi tujuan utama mendirikan sebuah web atau portal berita, apalagi jika berhubungan dengan AdSense.

Sayangnya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tidak mudah. Sering kali setelah membuat banyak konten ternyata pengunjung website tidak kunjung naik.

Hal ini mungkin saja karena salah menentukan topik atau keyword (kata kunci). Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang Google Trends.

Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan Google Trends dan apa saja informasi yang bisa Anda dapatkan melalui situ layanan dari Google tersebut.

Layanan ini khusus para marketer yang ingin mencari data pencarian Google untuk membuat konten atau artikel yang menarik. Program ini bernama Google Trends.

Google Trends pertama kali dirilis pada tahun 2006 dan sampai dengan saat ini tools terus berkembang seiring meningkatnya jumlah pengguna internet.

Google Trends termasuk layanan Google yang cukup lengkap karena mempunyai banyak fungsi dan fitur yang menarik. Seperti menampilkan topik yang sedang banyak di bahas.

Kemudian, mencari keyword yang sering di pakai, membandingkan performa antar keyword, tampilan yang sederhana dan mudah di mengerti.

Selain itu, Google Trends dapat Anda gunakan secara gratis. Layanan ini dapat memberikan informasi tentang apa saja yang orang cari di mesin pencari Google Search.

Tips Cara Menggunakan Google Trends

Menggunakan Google Trends caranya cukup mudah. Namun supaya tidak rumit, sebelum menggunakan Google Trends, akan lebih baik tentukan lebih dulu topik yang ingin di analisis.

Menentukan topik lebih awal dapat memfokuskan Anda mencari informasi sesuai dengan topik yang ingin di cari. Menentukan topik menjadi tolok ukur peringkat sebuah konten.

Setelah menentukkan topik, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi di bawah untuk menentukkan keyword terbaik untuk mempromosikan konten website.

1. Cara Membuka Google Trends

Jika Anda sudah mempunyai akun Google, Anda tinggal membuka halaman Google Trends. Di bagian awal ini, Anda akan melihat tampilan contoh peta hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Di bagian bawahnya, Anda akan melihat kata kunci yang mengalami peningkatan. Di halaman yang sama, Anda juga dapat melihat tombol untuk menyaring topik berdasarkan negara, waktu, kategori, dan jenis penelusuran; web search, news search, Google shopping, Youtube search.

2. Cara Mencari Keywords

Anda sudah mengetahui beberapa fungsi dasar Google Trends. Untuk mencari keyword apa saja yang berhubungan dengan topik yang Anda cari, Anda bisa menuliskannya ke dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’.

Misalnya, ketika saya mengetikkan keyword “Perempuan”, Google Trends akan memunculkan informasi yang cukup lengkap mengenai intensitas pengguna Google Search menggunakan kata “Perempuan”.

Pada tabel pertama akan terlihat grafik tren pengguna mencari menggunakan kata “Perempuan” selama satu tahun terakhir.

Grafik menggunakan data berdasarkan negara sesuai dengan lokasi Anda saat itu. Namun Anda dapat menyesuaikan lingkup pengambilan data sesuai dengan yang Anda perlukan.

Angka yang ditunjukkan oleh Google search (0-100) bukanlah jumlah pengguna yang melakukan pencarian menggunakan keyword itu. Itu adalah angka perkiraan pengguna yang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword “Perempuan”.

3. Memprediksi Tren

Google Trend memberikan informasi yang cukup lengkap. Informasi yang Anda dapatkan dari Google Trend dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten semenarik mungkin sesuai dengan keyword yang sesuai.

Tentu hal ini memunculkan rasa optimis akan dapat menempati posisi puncak hasil pencarian. Akan tetapi, tidak semudah itu.

Permasalahannya bukan terletak bagaimana cara Anda membuat konten, tetapi lebih terhadap bagaimana cara Anda memandang data yang didapatkan dari Google Trends.

Perlu di ingat bahwa tidak hanya Anda yang menggunakan Google Trends sebagai aplikasi analisis, tetapi mereka –para kompetitor, blogger, pencari adsense, dan lain sebagainya– juga kemungkinan besar menggunakan Google Trends. Ini membuat data yang Anda dapatkan sama dengan data yang mereka dapatkan.

Meskipun Google Trends banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, fungsi dasarnya hampir sama. Ada banyak insight menarik melalui data-data yang Anda dapatkan melalui Google Trends.

Namun pada akhirnya kemampuan analisis yang baiklah yang bisa menentukan bagaimana konten Anda bekerja.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami apa itu Google Trends dan mengetahui cara menggunakan Google Trends untuk mengembangkan website Anda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS