Digital Marketing Strategi Pemasaran di Era Digitalisasi

  • Bagikan
Digital Marketing Strategi Pemasaran di Era Digitalisasi
Digital Marketing Strategi Pemasaran di Era Digitalisasi

Menit.co.idDigital marketing adalah strategi pemasaran di era digitalisasi yang sekarang ini banyak digunakan perusahaan. Cara ini lebih cepat, lebih mudah, dan mampu menjangkau konsumen dalam cakupan lebih luas.

Tidak heran perusahaan berlomba-lomba menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran usahanya di era digitalisasi. Strategi pemasaran seperti ini sangat penting dilakukan untuk bersaing dengan kompetitornya.

Marketing sendiri adalah suatu proses yang sangat penting dalam dunia bisnis. Marketing merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Menentukan strategi marketing yang tepat akan sangat memengaruhi bisnis perusahaan itu sendiri.

Digital marketing merupakan salah satu cara efektif mengenalkan produk ke konsumen menggunakan media sosial. Strategi pemasaran satu ini memiliki keunggulan yang begitu banyak jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional.

Mengenal Marketing

Sebelum mengenal digital marketing lebih lanjut, kamu tentu harus memahami apa itu marketing. Marketing adalah usaha untuk mengenalkan produk kepada konsumen atau masyarakat.

Pada dasarnya marketing adalah aktivitas untuk membangun sebuah brand atau reputasi. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk.

Marketing adalah ujung tombak sebuah bisnis dan berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bahkan, dapat dikatakan tidak akan ada bisnis yang sukses tanpa strategi marketing yang baik.

Manfaat marketing adalah dapat meningkatkan penjualan, mengembangkan produk, membangun hubungan baik dengan konsumen, serta tentunya menjadi sarana melakukan branding.

Untuk mendapatkan manfaat marketing tersebut, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal.

Bahkan, marketing adalah proses yang dimulai dari pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, hingga periklanan.

Perkembangan teknologi membuat definisi marketing meluas. Saat ini ada dua jenis marketing atau pemasaran, yaitu marketing online dan offline.

Bagi para pelaku bisnis, tentunya penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran produk menggunakan media digital dan jaringan internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Seperti diketahui bersama, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di media online.

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, pengertian digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Revolusi digital telah mengubah pendekatan perusahaan terhadap konsumen secara drastis. Internet membuat konsumen mampu menganalisis harga, menurut pendapat yang beredar, dan terkadang bahkan mendiktekannya.

Perkembangan teknologi digital telah menyebabkan munculnya konsumen siber dan bisnis siber. Revolusi digital memungkinkan penerapan model hubungan baru dengan konsumen, yang merupakan tantangan bagi perusahaan, yang ingin meningkatkan pangsa pasar mereka.

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang tidak dapat lepas dari perkembangan teknologi, khususnya smartphone dan media sosial. Smartphone dan media sosial memberikan dampak tertentu pada perkembangan dinamis pemasaran digital.

Oleh karena itu, cara menjangkau calon klien melalui telepon seluler dan jejaring sosial merupakan saluran komunikasi terkini, yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan.

Ada beragam akses bagi calon konsumen agar dapat melihat penawaran kamu, seperti pada Website, Blog, hingga Media sosial (Instagram, Whatsapp, Twitter, dan sebagainya).

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, di antaranya adalah:

  • Kemudahan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Hal ini juga bisa menjangkau target pasar yang spesifik.
  • Biaya yang dibutuhkan lebih kecil.
  • Menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen.
  • Dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.
  • Digital marketing adalah strategi pemasaran yang dapat diterapkan di berbagai bidang bisnis. Hal ini tentunya membuat kamu dapat meningkatkan pendapatan secara efektif.
  • Selain itu, digital marketing adalah pemasaran yang dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat.

Langkah Tepat Digital Marketing

Dalam menerapkan digital marketing untuk strategi pemasaran perlu langkah tepat agar hasil yang diinginkan tercapai. Langkah tepat dalam digital marketing dalam rangka memperkenalkan produk ke pasar atau konsumen:

  1. Awareness (Kesadaran). Dalam digital marketing, perusahaan membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.
  2. Interest (Ketertarikan). Ketertarikan akan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline adalah konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online adalah konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google dan sebagainya) dan jejaring sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain).
  3. Desire (Keinginan). Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
  4. Action (Tindakan). Tahap terakhir sebagai penentuan apa yang dilakukan oleh pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

Kelebihan Menerapkan Digital Marketing

Kelebihan dalam menerapkan digital marketing yang dilakukan perusahaan-perusahaan membuktikan banyak memiliki kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Apa saja kelebihan menerapkan digital marketing?

Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, digital marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40 persen, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Cara Memulai Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian apa itu dan beberapa konsep dasar dari digital marketing, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.

Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.

Ketiga, Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Kesimpulan Digital Marketing

Itulah pengertian dan cara mengunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran di era digitalisasi untuk meningkatkan penjualan produk usaha kepada konsumen atau masyarakat.

Selain menerapkan strategi digital marketing, penggunaan aplikasi akuntansi online juga perlu dipertimbangkan. Hal itu akan memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis.

Pengelolaan keuangan bisnis yang mudah dan praktis akan menghemat waktu dan tenaga, sehingga akan lebih fokus terhadap rencana pengembangan bisnis ke masa depan.

Perjalanan menuju transformasi digital dimulai ketika sudah tahu kemana arah tujuan bisnis dan mengembangkan pandangan jangka panjang tentang peran yang perlu dilakukan perusahaan dalam mengikuti masa depan di era digitalisasi.

Memahami bahwa menerapkan strategi digital marketing bukan hanya tentang menambahkan inovasi digital ke bisnis, tetapi lebih banyak tentang memikirkan kembali cara bisnis melakukan pemasaran yang efektif pada era digital, adalah dasar dari strategi yang akan sukses untuk pengembangan bisnis.

  • Bagikan