DomaiNesia Resmi Jadi Registrar Pengelola Nama Domain Indonesia

  • Bagikan
DomaiNesia Resmi Jadi Registrar Pengelola Nama Domain Indonesia
DomaiNesia Resmi Jadi Registrar Pengelola Nama Domain Indonesia

Menit.co.id – PT Registrasi Neva Angkasa yang merupakan anak perusahaan DomaiNesia resmi menjadi registrar  PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia).

Jasa layanan domain dan webhosting DomaiNesia ini sudah berdiri sejak 2009. Tidak hanya bergerak pada dua bidang layanan itu saja, tetapi DomaiNesia juga menawarkan produk lain yaitu VPS, SSL dan Web Apps.

Menjadi penyedia layanan domain terlengkap, DomaiNesia tidak hanya menjadi pelengkap dalam industri ini. Terbukti DomaiNesia kini telah resmi menjadi registrar domain Indonesia.

Apakah nama domain? Nama domain merupakan sebuah nama unik yang berbentuk alfanumerik yang dapat memudahkan akses sebuah website. Secara default, website menggunakan alamat IP berupa numerik yang tentunya akan susah untuk dihafalkan.

Nama domain-lah yang bertugas untuk mempersingkat alamat IP tersebut dan membuatnya menjadi mudah dibaca. Sebagai contoh adalah alamat IP Google yaitu 216.239.38.120, yang menggunakan nama domain Google.com.

Kemudian apa itu domain registrar? Registrar merupakan pihak perantara antara registrant (konsumen) dengan registry (pemilik nama domain. Registrar bertugas untuk mengelola pemesanan nama domain yang dilakukan oleh registrant. Nama domain Indonesia sendiri dimiliki oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau Pandi.

DomaiNesia, anak perusahaan yaitu PT Registrasi Neva Angkasa (RNA), telah resmi menjadi registrar untuk domain Indonesia. Terhitung sejak 2 Juni 2021, DomaiNesia melalui RNA menjadi mitra Pandi untuk mengelola nama domain Indonesia.

“Kami percaya bahwa inovasi adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan teknologi, di mana DomaiNesia melalui anak perusahaan PT Registrasi Neva Angkasa (RNA) berhasil membuat beberapa inovasi baru yang kedepannya akan dapat dimanfaatkan oleh setiap pelanggan DomaiNesia. Diharapkan dengan ini pelanggan DomaiNesia akan lebih mudah untuk menjadi bagian dari kemajuan internet, dapat menyampaikan ide ke seluruh pelosok dunia dan membuat hal-hal baru yang membuat hidup menjadi lebih baik”, ujar Direktur Operasional DomaiNesia Willih Angga Sudrajadh melalui keterangan, Minggu (4/7/2021).

Pandi merupakan registry untuk nama domain Indonesia yang bergerak di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Pandi mengusung visi untuk membuat nama domain .id menjadi pilihan utama baik dari skala nasional maupun skala internasional.

Domain Indonesia yang dikelola oleh Pandi memiliki beberapa kelebihan yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Kelebihan ini antara lain adalah sisi branding dan kemudahan akses oleh pengunjung yang berasal dari Indonesia.

Untuk memiliki nama domain Indonesia ini, pengguna dapat melakukan pemesanan melalui mitra official atau registrar seperti DomaiNesia. Domain Indonesia tidak hanya terbatas pada nama domain .id saja.

Namun terdapat beberapa nama lain seperti .ac.id, .net.id, .or.id, .biz.id, .ponpes.id serta beberapa nama domain lainnya. Masing-masing nama domain ini memiliki keunikan tersendiri serta persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk melihat syarat dan harga domain termurah, pengguna dapat membuka halaman cek domain murah.

Keuntungan lain menggunakan CCTld ini adalah memiliki sasaran spesifik secara geografis. Ini dapat memudahkan pemilik website menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Sejalan dengan penuturan Direktur Operasional DomaiNesia tentang pentingnya peningkatan fitur dan inovasi bagi perusahaan teknologi, DomaiNesia tentu melakukan inovasi pada fitur-fitur penting. Terlebih lagi karena pandemi Covid-19 ini mengharuskan adanya pembatasan kedekatan secara fisik, yang berimbas kepada pembatasan aktivitas secara offline.

Dengan demikian, teknologi juga dituntut untuk memiliki performa dengan kualitas terbaik dan stabil demi lancarnya work from home dan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

DomaiNesia melakukan migrasi server ke infrastruktur baru yang jauh lebih baik, lebih cepat, dan dapat diandalkan dengan lokasi data center baru yang berada di Nex Data Center. Perusahaan teknologi tersebut juga melakukan pembaruan perangkat keras pada server.

Selain peningkatan performa server, DomaiNesia juga menambahkan fitur-fitur eksklusif bagi pelanggan DomaiNesia yang bermanfaat untuk meningkatkan performa website, seperti: dukungan IPv6, WordPress Accelerator, CSP, Pagespeed Optimizer, dan gFonts Accelerator.

Saat ini, web hosting DomaiNesia telah mendukung Golang env, Rust env, Memcached, Redis, MongoDB, Ruby, CMS Ghost, dan Javascript Framework (Node.js, Next.js, Nuxt.js dan Vue.js). Fitur tersebut sangat bermanfaat bagi pelanggan DomaiNesian yang merupakan web developer untuk membuat berbagai macam website sesuai dengan kebutuhan.

DomaiNesia tetap menggunakan cPanel sebagai kontrol panel web hosting untuk mengelola komponen, meng-upload file website, hingga instalasi website yang lebih mudah dibanding dengan control panel lainnya.

DomaiNesia percaya bahwa internet bisa membuat penggunanya terhubung dengan dunia yang lebih luas. Membuat website tidak selalu menjadi hal yang sulit. Dan untuk kemudahan dalam membuat website itulah DomaiNesia hadir.

Semua kebutuhan untuk memiliki website, baik itu profil perusahaan, profil pribadi, maupun toko online, tersedia di DomaiNesia. DomaiNesia menyediakan domain, hosting, hostingWordPress, VPS, dan SSL. Tidak hanya itu, kemudahan membuat website adalah alasan DomaiNesia hadir.

Oleh karena itu, DomaiNesia juga menyediakan fitur yang mempermudah pengguna membuat website, yaitu dengan Instant Deploy. Dengan menggunakan Instant Deploy, proses instalasi Web Apps seperti WordPress, Shopify, Laravel, Ghost, atau Moodle akan jauh lebih mudah.

Pengguna bisa menikmati SSD yang super cepat berbasis cloud, bandwidth, Inodes, dan VMEM di-hosting DomaiNesia secara unlimited. Tidak hanya itu, hosting di DomaiNesia juga sudah mendukung IPV6 dan WordPress Accelerator, yang merupakan fitur penting.

  • Bagikan