Fitur Baru Aplikasi WhatsApp Sembunyikan Pesan tanpa Memblokir

  • Bagikan
Fitur Baru Aplikasi WhatsApp Sembunyikan Pesan tanpa Memblokir

Menit.co.id – Mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp telah menjadi rutinitas sehari-hari pengguna smartphone. Kepopuleran aplikasi tersebut menuntutnya untuk merilis segudang fitur baru guna meningkatkan kenyamanan pengguna.

Berbagai fitur baru yang dihadirkan Aplikasi WhatsApp tidak lain adalah untuk merespons keinginan dan keluhan penggunanya. Salah satu keluhan pengguna yang coba direspons WhatsApp adalah mengenai penyembunyian pesan.

Beberapa pesan yang masuk melalui Aplikasi WhatsApp tidak jarang merupakan pesan yang sifatnya personal dan tidak bisa diumbar ke publik.

Selain itu, beberapa pengguna mungkin tidak ingin menerima pesan dari orang tertentu lagi, tetapi sungkan untuk memblokir kontaknya. Berbagai permasalahan ini dijawab WhatsApp melalui fitur Arsip.

Dilansir dari WA Beta Info, fitur pengarsipan pesan di WhatsApp akan diperbarui. Sebelumnya, fitur arsip hanya mampu menyembunyikan atau mengarsipkan pesan dari suatu kontak untuk sementara waktu saja.

Ketika pesan baru dari kontak yang diarsipkan masuk, pesan tersebut akan kembali muncul di beranda.

Kini, fitur arsip yang terbaru memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan selama pengguna mau. Ketika pesan dari kontak yang disembunyikan masuk, pesan tersebut tidak akan muncul di beranda.

Sekilas, fitur ini mirip seperti fitur pemblokiran kontak. Bedanya, fitur arsip membiarkan pesan dari kontak yang diarsipkan tetap masuk. Story, status, dan foto profil pengguna WA pun juga akan tetap muncul di kontak pengguna yang telah diarsipkan.

Mengingat fitur tersebut belum dirilis, panduan resmi mengenai cara mengaktifkan fitur tersebut belum ada. Namun, karena hanya memperbarui fitur arsip, cara mengaktifkan fitur ini kurang lebih sama seperti mengaktifkan fitur arsip yang lama. Dikutip dari laman resmi WhatsApp, berikut adalah cara untuk mengarsipkan pesan:

-Di beranda WhatsApp, tekan dan tahan pesan yang ingin diarsipkan
-Tekan tombol archive/arsip di atas layar

Pesan yang diarsipkan akan masuk ke folder archived. Untuk membuka pesan yang diarsipkan, ikuti cara ini:

-Scroll beranda WhatsApp hingga paling bawah
-Tekan folder archived

Pesan yang telah diarsipkan dapat dikembalikan ke beranda. Berikut adalah caranya:

-Buka folder archived
-Cari pesan yang ingin dikembalikan ke beranda
-Tekan dan tahan pesan tersebut
-Tekan unarchive

WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mereka yang ingin mengarsipkan semua pesan sekaligus. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengarsipkan pesan satu per satu. Berikut adalah caranya:

-Di beranda chat, tekan tiga titik di pojok kanan atas
-Tekan settings atau pengaturan
-Tekan chat
-Tekan chat history
-Tekan archive all chats

Fitur terbaru WhatsApp ini tentu ditunggu-tunggu. Pengguna tak perlu khawatir lagi mengenai privasinya yang terekspos karena fitur arsip yang lama. Selain itu, pengguna yang ingin menghindari pesan dari seseorang tetapi sungkan untuk memblokir juga akan tertolong oleh fitur ini.

  • Bagikan