Gangguan Sinyal Indosat, Update Terbaru dan Upaya Perbaikan

Gangguan Sinyal Indosat

MENIT.CO.ID – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengungkapkan masalah terkait gangguan sinyal Indosat yang telah terjadi sejak Sabtu (2/3/2024).

Steve Saerang, SVP Kepala Komunikasi Perusahaan IOH, menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan setia atas gangguan sinyal Indosat tersebut.

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada para pelanggan setia kami atas kendala yang masih terjadi terkait dengan pemulihan layanan IT kami,” ujarnya ketika dihubungi oleh Kompas.com pada malam Minggu (3/3/2024).

Hingga Senin (4/3/2024), sejumlah pengguna media sosial masih mengeluhkan gangguan sinyal Indosat yang telah berlangsung selama dua hari. “@titisjalani” menulis, “Saya masih tidak mendapatkan jaringan dari Indosat.” “@unbrxxk4ble” menambahkan, “Saya sudah mengalami masalah sejak Sabtu malam dan masih belum terselesaikan hingga saat ini.”

Penyebab gangguan sinyal Indosat adalah insiden kebakaran yang terjadi di Gedung Prangkat Jatilihur, Jawa Barat, pada Sabtu, 2 Maret 2024. Insiden tersebut menyebabkan sebagian pengguna IM3, terutama di wilayah Jabodetabek, mengalami gangguan sinyal.

Meskipun kebakaran tersebut telah berhasil dipadamkan, IOH terus melakukan upaya perbaikan sejak Sabtu malam. Steve menjelaskan, “Tim teknis kami, dibantu oleh mitra kami, sedang melakukan pemulihan sistem secara bertahap setelah gedung perangkat tersebut dinyatakan aman untuk diakses.”

Setelah upaya tersebut dilakukan, Steve mengklaim bahwa sinyal pengguna IM3 di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat telah kembali normal sejak perbaikan pada Minggu (3/3/2024) dini hari.

Meskipun demikian, hingga Senin (4/3/2024), beberapa pengguna masih mengalami gangguan yang sama. Steve menegaskan bahwa IOH terus berusaha memperbaiki gangguan tersebut dengan secepat mungkin.

“Tim teknis kami sedang bekerja keras untuk mempercepat pemulihan layanan IT lainnya yang saat ini sedang dalam proses pemulihan bertahap,” ungkapnya.

IOH juga berkomitmen untuk menyediakan tambahan personel teknis dari kantor pusat dan regional Indosat serta mitra mereka untuk memastikan layanan IT lainnya bisa pulih sepenuhnya.

Steve juga menyampaikan bahwa layanan suara dan SMS IM3 di wilayah terdampak telah kembali normal sejak Minggu (3/3/2024) dini hari.

Gangguan Sinyal Indosat: Update Terbaru dan Upaya Perbaikan

Gangguan ini disebabkan oleh insiden kebakaran di Gedung Prangkat Jatilihur, Jawa Barat, yang mengakibatkan sebagian pengguna IM3 di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat mengalami kendala.

Tim teknis IOH telah bekerja keras sejak Sabtu malam untuk melakukan perbaikan. Perbaikan difokuskan pada pemulihan catu daya (power) ke perangkat IT dan recovery sistem secara bertahap.

Hingga Senin (4/3/2024), sebagian pengguna masih merasakan gangguan. IOH menegaskan bahwa tim teknis di lapangan terus bekerja keras untuk mempercepat perbaikan.

Berikut update terbaru terkait gangguan sinyal Indosat:

  • Penyebab: Kebakaran di Gedung Prangkat Jatilihur
  • Wilayah terdampak: Jabodetabek dan Jawa Barat
  • Layanan terdampak: Sinyal IM3, suara, dan SMS
  • Perbaikan:
    • Tim teknis IOH bekerja 24/7 untuk pemulihan catu daya dan recovery sistem
    • Perbaikan bertahap dilakukan sejak Sabtu malam
    • Layanan suara dan SMS IM3 di wilayah terdampak sudah normal sejak Minggu dini hari
    • Tim teknis tambahan dikerahkan dari kantor pusat dan regional
  • Perkiraan waktu pemulihan: Secepatnya

IOH memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin.

Informasi terbaru terkait gangguan sinyal Indosat dapat diakses melalui:

IOH mengapresiasi kesabaran dan pengertian pelanggan selama proses pemulihan berlangsung.