Google Buat Situs Read Along untuk Belajar Baca Versi Browser

Google Buat Situs Read Along untuk Belajar Baca Versi Browser
Google Buat Situs Read Along untuk Belajar Baca Versi Browser

Menit.co.id – Google resmi buat situs Read Along untuk belajar baca versi browser. Sebelumnya, Google rilis aplikasi Read Along untuk Android.

Read Along, sebelumnya di kenal sebagai Bolo, adalah aplikasi pembelajaran bahasa Android untuk anak-anak yang di kembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android.

Aplikasi ini rilis di Play Store pada 7 Maret 2019. Nah, sekarang ini para pengguna sudah bisa mengakses melalui browser.

Meski dalam tahap beta, namun situs tersebut sudah bisa pengguna akses melalui readalong.google.com, demikian mengutip laporan The Verge, Rabu (10/8/2022).

Di dalam situs Read Along tersebut ada ratusan cerita yang di lengkapi dengan gambar, dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Saat satu cerita sudah di pilih, situs ini akan mulai mengaktifkan mikrofon di perangkat untuk mendengar suara anak.

Setiap kata akan di tandai dengan warna biru setelah di baca, dan kata dengan pengucapan salah akan di beri garis bawah berwarna merah.

Tak cuma itu, ada asisten virtual bernama Diya yang akan menyebutkan pengucapan yang benar untuk kata tersebut.

Situs Read Along ini bisa di pakai di sejumlah browser, seperti Chrome, Firefox, dan Edge. Ke depannya situs ini juga akan mendukung browser lain seperti Edge.

Oh ya, cerita yang ada di dalam Read Along tersedia dalam beberapa bahasa, seperti Inggris, Hindi, Gujarati, Tamil, Spanyol, dan Portugis.

Google juga menjanjikan akan menambah cerita untuk dibaca di Read Along pada 2022 ini, yang nantinya akan tersedia untuk versi aplikasi ataupun browser.

Cerita-cerita ini termasuk cerita adaptasi dari deretan video buatan USP Studios dan ChuChu TV, serta buku-buku seri pendidikan dari Kutuki.

Sejauh ini, aplikasi Read Along sudah di pakai oleh lebih dari 30 juta anak sejak pertama diluncurkan pada 2019.

Dengan kehadiran versi browser ini, berarti akan lebih banyak perangkat yang bisa di pakai untuk belajar membaca, terutama dengan layar yang — seharusnya — lebih besar ketimbang ponsel.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS