Google Maps 2022, Aplikasi Rute Jalan Cukup Bermanfaat

Keberadaan salah satu aplikasi smartphone yang penting di instal saat mudik lebaran idul fitri 2022 adalah Google Maps. Penasaran dengan fungsinya? Simak selengkapnya.

Google Maps 2022

Menit.co.id – Aplikasi Google Maps cukup membantu masyarakat di momen mudik lebaran Idul Fitri 2022. Perjalanan jadi mudah dengan kehadiran Google Maps.

Keberadaan salah satu aplikasi smartphone yang penting di instal saat mudik lebaran idul fitri 2022 adalah Google Maps. Penasaran dengan fungsinya? Simak selengkapnya.

Aplikasi ini mampu menghadirkan peta lalu lintas di berbagai area hingga detail. Dengan adanya fitur GPS di smartphone, pengguna dapat dengan mudah melacak lokasi real time.

Fitur lain Google Maps yang tidak kalah penting adalah tampilan rute perjalanan sesuai yang di inginkan pengguna beserta petunjuk arah yang akan di tuju.

Sepanjang jalan yang di lewati, juga di hadirkan informasi kondisi lalu lintas melalui simbol warna. Warna merah menandakan lalu lintas macet. Sedangkan warna kuning yang berarti jalanan cukup padat.

Kendaraan akan masuk melalui Gerbang Tol (GT) utama yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Pemudik dengan kendaraan pribadi, terutama mobil, perlu mengetahui kondisi lalu lintas jalan yang hendak di lewatinya. Hal itu bisa di bantu menggunakan aplikasi Google Maps.

Sebagai catatan, mengakses peta di aplikasi ini tidak melulu di lakukan secara online, tapi juga bisa di akses secara offline. Yuk download aplikasi Google Maps 2022 di bawah ini.

Cara Download Google Maps 2022

Aplikasi Google Maps 2022 bisa Anda gunakan secara online dan offline sehingga sangat bermanfaat saat koneksi internet di smartphone cukup buruk.

Pengguna masih dapat menggunakan fitur navigasi dan keamanan yang andal dalam keadaan darurat seperti itu. Peta offline dapat di unduh dan di perbaru secara otomatis.

Mengutip laman Pusat Bantuan Google, dalam Google Maps disediakan data melalui Vehicle Map Service (VMS) untuk mendukung fitur bantuan untuk pengemudi yang berkaitan dengan keamanan di mobil.

Misalnya yaitu integrasi antara rambu di jalan dengan Adaptive Cruise Control. Fitur keamanan ini menggunakan data peta offline.

Peta offline akan senantiasa tersedia apabila tombol “download otomatis” di pusat privasi di aktifkan. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Di bagian bawah, ketuk Setelan.
  • Ketuk Pusat Privasi kemudian Peta offline.
  • Pilih Download otomatis peta offline.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet, lalu tunggu hingga download peta offline selesai.

Selain itu, cara mendownload peta offline di Google Maps adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi GoogleMaps
  • Di bagian bawah, ketuk Setelan kemudian Peta offline.
  • Ketuk Pilih peta Anda sendiri.
  • Pindahkan peta untuk mencakup area yang ingin di download.
  • Ketuk Download

Begitulah informasi tentang keutamaan dari Google Maps yang selama ini cukup membantu Anda dalam melakukan perjalanan di momen mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Semoga informasi yang berhasil kami sadur dari Tirto bisa memberikan manfaat bagi Anda tentang penggunaan Google Maps. Terima kasih sudah berkunjung.