Google Translate Ada Terjemahan Khusus Gender dalam Beberapa Bahasa

    Selasa, 11 Desember 2018 - 10:18 Editor : Redaksi Dibaca : 590 Views

    Menit.co.id Google terus berupaya menekan bias gender dalam perusahaan. Kini raksasa mesin pencari itu menerapkannya dalam Google Translate yang dapat menampilkan terjemahan khusus gender dalam beberapa bahasa.

    Pembaruan ini menyediakan hasil terjemahan dengan bentuk maskulin dan feminin untuk kata-kata yang netral secara gender. Sebelumnya, Google Translate hanya akan menampilkan satu terjemahan untuk kata-kata yang bisa memiliki bentuk feminin.

    Dilansir dari The Verge, dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), Google melatih mesin penerjemah berbasis AI tersebut agar berlaku adil dalam menafsirkan kata-kata atau kalimat dengan subjek yang netral.

    Sebagai contoh, kalimat “O bir doktor” dalam bahasa Turki akan diterjemahkan menjadi “He is a doctor” untuk versi maskulin dan “She is a doctor” untuk tutur feminin dalam bahasa Inggris.

    Saat ini, terjemahan khusus gender hanya tersedia untuk menerjemahkan kata-kata tunggal dari bahasa Inggris ke bahasa Perancis, bahasa Italia, bahasa Portugis, dan bahasa Spanyol.

    Sementara itu, terjemahan dari bahasa Turki ke bahasa Inggris merupakan satu-satunya pasangan bahasa yang menyediakan terjemahan dalam bentuk kalimat.

    Fitur terjemahan ini, sementara waktu hanya tersedia di browser seperti Chrome dan Firefox. Namun, fitur serupa juga akan diperluas ke layanan aplikasi Google Translate di Android dan iOS.

    Google mengatakan fitur ini juga akan bekerja untuk membawa dukungan ke lebih banyak bahasa.

    (Suara)



    Komentar Pembaca: