Kasus Pelecehan Online, Aplikasi Facebook dan WhatsApp Tertinggi

    Sabtu, 5 Januari 2019 - 10:14 Editor : Redaksi Dibaca : 115 Views

    Menit.co.id Sebuah laporan yang dirilis oleh Digital Rights Foundation (DRF) yang merupakan lembaga feminis di Pakistan menyebutkan bahwa aplikasi Facebook dan WhatsApp memiliki kasus pelecehan online dan penyalahgunaan data tertinggi di Pakistan.

    Laporan data ini dikumpulkan oleh DRF selama dua tahun terakhir yang menyoroti kasus-kasus pelecehan di dunia maya dan juga di dunia nyata khususnya di negara Pakistan.

    Dilansir dari Dawn Sabtu, (5/1/2019) dalam laporannya Facebook memiliki jumlah 660 keluhan atau sekitar 29% persen.

    Sedangkan WhatsaApp dalam 6 bulan terakhir meningkat drastis dari 2,6% menjadi 9,5% dengan jumlah total kasus meningkat dari 29 menjadi 220 keluhan.

    Masalah umum yang paling paling dikeluhkan masyarakat adalah panggilan telepon penipuan yang berupaya mencuri kode akun pengguna WhatsApp yang berujung peretasan, pencurian data hingga pemerasan.

    Menurut laporan tersebut, untuk menyakinkan para korban para penipu ini menyamar dan mengatakan berasal dari organisasi resmi seperti acara game di televisi hingga pemerintahan.

    “Tujuan kami untuk tahun yang akan datang adalah untuk meningkatkan kapasitas kami dan menjangkau khalayak yang lebih luas sehingga internet dapat menjadi ruang yang aman untuk semua. ” ujar pendiri Digital Rights Foundation Nighat Dad.

    (Detik)



    Komentar Pembaca: