Mastodon, Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter

Mastodon

Menit.co.id – Mastodon merupakan aplikasi media sosial pengganti Twitter terus menjadi perbincangan hangat para warganet di seluruh Indonesia dan dunia.

Belakangan ini banyak sekali netizen beralih menggunakan aplikasi web Mastodon sebagai sarana media sosial pengganti Twitter yang kabarnya bakal tutup.

Semua ini bermula dari berita rumor Twitter bakal tutup setelah Elon Musk resmi membelinya beberapa waktu lalu. Kabar Twitter tutup ini muncul setelah Elon Musk mengambil alih.

Pengguna Twitter belakangan ini eksodus menggunakan aplikasi media sosial Mastodon. Salah satu aplikasi yang ramai digunakan sebagai alternatif bermain media sosial.

Netizen mungkin belum tahu apa itu Mastodon dan bagaimana menggunakannya. Mastodon sendiri adalah media sosial yang sifatnya terbuka atau free open-source sentralized social media platform.

Mastodon mulai ada pada tahun 2016 lalu dan dikembangkan oleh Mastodon gGmbhH, perusahaan yang berasal dari Jerman.

Aplikasi ini sendiri bisa kalian download melalui App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android. Selain itu, Mastodon juga bisa di akses di website https://mastodon.social/.

Adapun tampilan laman website Mastodon hampir mirip Twitter. Untuk tampilan depan, ada beberapa fitur yang nyaris mirip dengan milik aplikasi burung biru (sebutan untuk Twitter).

Mulai dari fitur Kiriman, Tagar, Berita, hingga Pencarian. Di fitur Kiriman, akan terlihat postingan orang-orang yang kamu ikuti, sedangkan untuk fitur Tagar.

Akan terlihat topik apa saja yang kini sedang ramai diperbincangkan. Selain itu, ada juga fitur yang mirip Twitter seperti retweet, reply, favorite, share, dan lain-lain.

Meski sekilas mirip, ada perbedaan yang kentara antara Twitter dan Mastodon, di antaranya adalah karakter dalam sebuah postingan.

Di mana di Mastodon, pengguna bisa menulis maksimal 500 karakter, sedangkan Twitter maksimal 280 karakter. Itulah tadi informasi tentang Mastodon, aplikasi media sosial pengganti Twitter.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS