Mengenal Bos ChatGPT Sam Altman, Sosok Unik dan Menarik

ChatGPT Sam Altman

MENIT.CO.ID – Bos ChatGPT, Sam Altman, adalah sosok yang unik dan menarik. Ia pernah menjadi sorotan media karena dipecat dari perusahaannya.

Namun, dalam waktu singkat, Altman berhasil kembali ke posisinya sebagai CEO OpenAI setelah mendapatkan dukungan banyak pihak untuk memimpin kembali perusahaan pembuat ChatGPT.

Di luar lingkungan kantor, Sam Altman dikenal sebagai seorang bos teknologi yang memiliki obsesi terhadap perpanjangan umur hidupnya.

Dilansir dari Business Insider India pada Selasa (9/1/2024), pendiri ChatGPT juga disebut-sebut telah mempersiapkan skenario menghadapi situasi bencana seperti wabah virus sintetis, perang nuklir, dan serangan kecerdasan buatan. Altman konon memiliki persediaan senjata, emas, dan perlengkapan bertahan hidup lainnya.

Pria berusia 38 tahun ini sangat memperhatikan aspek kesehatan, termasuk waktu tidur, jadwal kerja, dan pola makan. Salah satu kebiasaannya yang mencuri perhatian adalah berpuasa.

Pada tahun 2018, Altman mengungkapkan bahwa ia hanya minum segelas kecil espresso setelah bangun tidur dan jarang sarapan. Selain itu, ia melakukan puasa selama 15 jam pada kebanyakan hari.

Dalam hal pola makan, Altman menghindari makan berlebihan sebelum tidur, tidak mengonsumsi alkohol, dan menjalani gaya hidup vegetarian. Ia juga sering minum susu protein untuk melengkapi nutrisinya, meskipun tidak begitu menyukainya.

Altman berusaha menghindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan, seperti makanan pedas dan yang mengganggu pencernaan, serta mengurangi konsumsi gula.

Ketika membaca email, Altman menggunakan LED spektrum penuh selama 10-15 menit pada pagi hari, menganggapnya sebagai aktivitas yang bermanfaat.

Ia lebih suka menjadwalkan pertemuan terkait pekerjaan pada siang hari, dengan durasi 15-20 menit atau 2 jam, menghindari pertemuan berdurasi 1 jam yang dianggapnya sebagai pemborosan waktu.

Altman berusaha menghindari pertemuan sebisa mungkin karena ia menganggap bekerja di kantor lebih berharga bagi waktunya.

Meski demikian, ia tetap menyisihkan waktu untuk pertemuan yang bersifat kebetulan, guna membagikan ide baru dan merencanakan tindakan berikutnya.

Dalam blognya, Altman mengungkapkan kebiasaannya untuk secara rutin meninjau tujuan yang ingin dicapainya setiap tahun, bulan, dan harian.

Menurutnya, daftar ini membantu fokus dan memungkinkannya untuk menyelesaikan berbagai tugas tanpa harus menyimpan terlalu banyak informasi di pikirannya.

Setelah makan siang, Altman minum espresso kecil lagi. Pada malam hari, ia menganggap tidur sebagai salah satu faktor produktivitas penting.

Altman juga rajin melakukan pengujian darah dan melengkapi pola hidup sehatnya dengan vitamin dan obat diabetes metformin untuk memperlambat proses penuaan.

Selama tidur, Altman menggunakan sleep tracker dan memilih berada di ruangan yang dingin, gelap, dan tenang, dengan kasur yang baik.

Jika perlu, ia menggunakan bantalan pendingin dan pil tidur dosis rendah untuk membantu tidurnya.

Untuk mendukung gaya hidup sehat, Altman senang mengangkat beban berat tiga kali seminggu selama satu jam, kadang-kadang juga melakukan latihan interval intensitas tinggi.