Mengenal Leap Day 2024 yang Muncul di Google Doodle

Leap Day 2024

MENIT.CO.ID – Leap Day 2024 tampil di halaman depan Google Doodle merupakan Hari Kabisat yang hanya muncul sekali setiap empat tahun.

Hari ini, Kamis 29 Februari 2024, para pengguna Google disambut oleh animasi katak yang unik pada laman pencarian. Doodle interaktif ini merupakan bentuk peringatan Google terhadap Leap Day atau Hari Kabisat.

Katak tersebut memiliki angka 29 di badannya, melambangkan hari ini yang hanya hadir sekali dalam empat tahun.

Animasi ini juga memperlihatkan katak tersebut melompat ke daun yang diapit oleh batu bertuliskan angka 28 dan 1, semakin memperkuat konsep penambahan satu hari pada tahun kabisat.

Leap Day sendiri merupakan penyesuaian kalender untuk menjaga keselarasan antara kalender dengan peredaran Bumi mengelilingi Matahari.

Tanpa adanya Leap Day, lama waktu dalam kalender akan bergeser perlahan dari tahun ke tahun, sehingga lama waktu setahun dalam kalender tidak lagi sesuai dengan waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari.

Kehadiran Leap Day ini pun disambut meriah oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Beberapa negara bahkan memiliki tradisi khusus untuk merayakan hari yang istimewa ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Doodle Leap Day dari Google ini dan pelajari lebih lanjut tentang pentingnya Leap Day dalam menjaga akurasi penanggalan yang kita gunakan.

Apa itu Leap Day?

Leap Day adalah hari tambahan yang ditambahkan ke kalender pada tahun kabisat untuk menjaga keselarasan antara kalender dengan siklus rotasi Bumi mengelilingi Matahari. Tanpa Leap Day, kalender akan bergeser sekitar 6 jam setiap tahun, yang akan membuat musim tidak lagi sesuai dengan bulan-bulan dalam kalender.

Mengapa Leap Day hanya terjadi setiap 4 tahun?

Tahun kabisat diterapkan karena sebenarnya Bumi membutuhkan waktu sekitar 365,2422 hari untuk mengelilingi Matahari. Angka desimal tersebut menyebabkan “kelebihan” waktu setiap tahun yang jika di akumulasi selama 4 tahun, berjumlah sekitar 1 hari.

Kenapa Google Doodle menampilkan Leap Day?

Google Doodle terkenal sering menampilkan perayaan hari libur dan peristiwa penting. Leap Day, meskipun bukan hari libur resmi di banyak negara, merupakan fenomena astronomi yang menarik dan menjadi kesempatan bagi Google untuk menampilkan kreativitas mereka melalui Doodle.

Jadi, bagaimana Anda bisa merayakan Leap Day?

Leap Day bisa menjadi hari yang istimewa untuk merayakan hal-hal yang jarang terjadi. Anda bisa menggunakan hari ini untuk melakukan kegiatan yang tidak biasa, mencoba hal baru, atau sekedar merenungkan betapa berartinya setiap momen dalam hidup, termasuk hari yang muncul hanya sekali setiap empat tahun.

Tentang Google Doodle

Google Doodle mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan mesin pencari ini. Namun, tahukah Anda sejarah dan makna di balik pengubahan logo Google yang kreatif dan informatif ini?

Google Doodle adalah perubahan sementara pada logo Google di halaman utama. Tujuannya tidak sekadar mempercantik tampilan, melainkan untuk merayakan berbagai perayaan, peristiwa penting, pencapaian, dan tokoh sejarah terkemuka.

Doodle Pertama Google

Lahir pada tahun 1998, Google Doodle pertama diciptakan oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, untuk memberi tahu pengguna tentang ketidakhadiran mereka jika server mengalami crash. Doodle ini bertemakan festival tahunan Burning Man, yang saat itu sedang berlangsung.

Dari Doodle Sederhana Menjadi Interaktif

Seiring berjalannya waktu, Google Doodle tidak hanya berupa gambar statis, tetapi juga berkembang menjadi animasi dan interaktif. Doodle interaktif pertama diluncurkan pada tahun 2010 untuk menghormati video game legendaris, Pac-Man. Pengguna dapat langsung bermain Pac-Man di halaman pencarian Google.

Lebih dari Sekedar Logo

Kehadiran Google Doodle tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukasi dan apresiasi. Doodle dapat menjadi media untuk mengenalkan perayaan dan tokoh penting kepada pengguna, khususnya generasi muda.

Tetap Terhubung dengan Google Doodle

Untuk mengetahui Doodle terbaru dan informasi di baliknya, Anda dapat mengunjungi halaman khusus Google Doodle https://doodles.google/ atau mengikuti media sosial Google.