Penemuan Baru Bikin Facebook Bisa Prediksi Langkah Anda

    Rabu, 12 Desember 2018 - 11:05 Editor : Redaksi Dibaca : 2697 Views

    Menit.co.id Masa depan merupakan hal misteri bagi semua orang, termasuk apa yang akan Anda lakukan dalam waktu ke depan. Tapi, semua itu kini menjadi lebih nyata dengan penemuan Facebook yang diklaim bisa memprediksi apa yang Anda akan lakukan di masa depan.

    Yup! Tentu ini mengerikan buat sebagian orang. Pasalnya, dengan menggunakan data-data yang dimiliki perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu, setiap langkah Anda akan menjadi perhatian Facebook.

    Jejaring sosial itu telah menerapkan teknologi paten yang bahkan dapat menebak lokasi mana yang akan Anda tuju di suatu titik dalam waktu dekat.

    Penemuan ini dapat menebak ‘lintasan offline’ orang, yang berarti tempat yang cenderung mereka kunjungi. Teknologi dilakukan dengan menelan data yang telah Anda berikan untuk dikumpulkan Facebook.

    Paten yang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS, bergantung pada data lokasi yang sebelumnya dicatat oleh pengguna dari ponsel mereka serta data serupa pada orang lain untuk memperkirakan di mana dan kapan mereka akan pergi berikutnya.

    Facebook dapat memadukan pola perilaku dengan teman-teman dan orang lain untuk membantu membangun gambaran kebiasaan dan menebak gerakan masa depan Anda.

    Meskipun mengerikan buat pengguna, para ahli mengatakan, teknologi ini bertujuan untuk memberikan informasi baru yang berharga kepada pengiklan.

    Teknologi ini dapat mengumpulkan data tentang perilaku orang-orang dengan informasi profil yang serupa dan memberikan wawasan kepada pengiklan, memungkinkan mereka untuk menargetkan Anda dengan produk baru secara offline.

    Sebenarnya, ini bukan kali pertama Facebook berusaha untuk meningkatkan keahliannya di bidang ini.

    Tahun lalu, Facebook mengajukan paten lain untuk menggunakan teknologi ponsel pintar yang tertanam di dalamnya, seperti GPS atau barometer. Tujuan untuk memprediksi keinginan di masa depan orang-orang dan memberi mereka informasi tentang ke mana mereka akan pergi sebelum mereka tiba.

    Namun, Facebook tengah dihadapi pengawasan ketat dalam hal kebijakan data pribadi, menyusul skandal Cambridge Analytica tahun lalu dan pelanggaran data besar yang melibatkan 50 juta pengguna pada bulan September lalu.

    Seorang eksekutif Facebook ditanyai oleh anggota parlemen Inggris atas penggunaan data pribadi perusahaan bulan lalu sebagai bagian dari grand panitia internasional tentang berita palsu.

    Saat ini tidak ada aturan yang ditujukan khusus untuk perusahaan media sosial di Inggris, meskipun para anggota parlemen telah menyusun rencana untuk membuat regulator baru untuk media sosial dan internet menyusul kekhawatiran yang tersebar luas dari konsumen atas kecanduan dan penyalahgunaan online.

    (Suara)



    Komentar Pembaca: