TikTok Uji Coba Unggah Video 60 Menit, Siap Bersaing dengan YouTube

TikTok Uji Coba Unggah Video 60 Menit

MENIT.CO.IDTikTok sedang menguji fitur baru yang memungkinkan sejumlah pengguna untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit. Namun, TikTok belum berencana meluncurkan fitur ini secara luas.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matta Navara dan menandai perubahan signifikan dari format video pendek TikTok yang biasanya berdurasi 15 detik, menjadi lebih mirip dengan YouTube milik Google.

Menurut TikTok, keputusan ini diambil setelah mendengar masukan dari kreator yang menginginkan lebih banyak waktu untuk konten seperti demo memasak, tutorial kecantikan, pelajaran edukasi, sketsa komedi, dan lainnya, seperti yang dilaporkan oleh Tech Crunch pada Senin (27/5/2024).

TikTok mengatakan tujuan penambahan durasi video ini adalah untuk memberikan kreator lebih banyak kesempatan bereksperimen dengan jenis konten baru atau konten yang lebih mendalam dengan lebih banyak fleksibilitas.

Langkah ini membuat TikTok semakin bersaing langsung dengan YouTube.

Dengan memberikan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi 60 menit, TikTok berharap para kreator yang biasanya mengunggah konten di YouTube juga akan tertarik mengunggah video mereka di platform ini.

Batas waktu yang diperpanjang juga memungkinkan jenis konten baru untuk diposting di TikTok, seperti episode lengkap acara TV.

Tahun lalu, Peacock membuat episode pertama “Killing It” tersedia secara gratis di TikTok, tetapi episode tersebut dipecah menjadi lima bagian.

Jika TikTok meluncurkan fitur unggahan video 60 menit, akun stasiun TV di TikTok tidak perlu lagi memecah sebuah episode menjadi beberapa bagian.

Banyak stasiun TV sudah mengunggah episode pertama dari sebuah acara TV di YouTube untuk menarik pemirsa baru, dan dengan batas waktu yang diperpanjang ini, mereka bisa melakukan hal yang sama di TikTok.

Sejumlah stasiun TV sudah menggunakan TikTok untuk menjangkau pemirsa, dan batas waktu unggahan yang diperpanjang dapat menarik mereka untuk berbagi lebih banyak konten di TikTok.

Meskipun tidak semua orang tertarik menonton konten panjang di TikTok, perusahaan berusaha meningkatkan pengalaman menonton bagi pengguna yang menyukai konten berdurasi panjang. Misalnya, perusahaan ini telah menguji mode layar penuh horizontal.

Tahun lalu, TikTok juga meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mempercepat video dengan menahan sisi kanan video.

Seperti fitur uji coba lainnya, belum diketahui kapan atau apakah TikTok berencana meluncurkan opsi unggahan video 60 menit ini secara luas.