Twitter Konfirmasi Spaces akan Tersedia di Peramban Web Desktop

  • Bagikan
Twitter Spaces Akan Tersedia di Peramban Web Desktop

Menit.co.id – Twitter telah berupaya keras untuk menghadirkan fitur ruang percakapan audio serupa Clubhouse, Spaces, kepada aplikasi versi iOS dan pada bulan Maret lalu, pada aplikasi versi Android.

Mengutip The Verge, Twitter mengonfirmasi rumor yang menyebutnya akan menghadirkan Spaces pada jejaring sosial versi peramban web. Rumor ini pertama kali diunggah oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong via akun Twitter miliknya.

Unggahan Wong tersebut menampilkan kartu pratinjau, mewakili tampilan Spaces saat diakses dari web, dan Twitter juga tidak pernah merahasiakan tentang pengembangan fitur percakapan audio tersebut.

Pengembang Twitter Spaces mengunggah sejumlah desain tampilan intro Spaces di web pada hari Jumat lalu. Mengingat saat ini Spaces hanya tersedia di aplikasi versi mobile, menghadirkan fitur tersebut ke web akan menjadi ekspansi yang signifikan.

Selain itu, cakupan lebih luas dinilai akan membantu Twitter dalam berkompetisi dengan Clubhouse, yang saat ini hanya tersedia di perangkat bersistem operasi iOS, meski dikabarkan akan segera tersedia di Android.

Selain itu, kehadiran Spaces di peramban web juga memungkinkan Twitter mempersempit celah persaingan dengan Discord.

Sebagai pengingat, Discord baru saja meluncurkan fitur ruang audio sosial karyanya, bertajuk Stage Channels, di seluruh platform ketersediaan Discord.

LinkedIn, Mark Cuban, Slack, dan Spotify juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur audio serupa Clubhouse, sedangkan Facebook dipastikan telah memiliki satu fitur serupa yang tengah dikembangkannya.

Mengenal Fitur Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya

Fitur media sosial berbasis audio, Twitter Space akan tersedia bagi seluruh pengguna pada April.

Juru bicara layanan media sosila micro-blogging ini mengatakan, Twitter Inc bertujuan untuk membuat fitur audio langsung tersedia untuk semua penggunanya pada April.

Melihat peluang kesukesan Clubhouse, Twitter mengembangkan fitur berbasis audio yang dinamai Twitter Space.

Seperti diketahui, media sosial berbasis audio Clubhouse meraih kesusksesan di awal tahun berkat obrolan selebriti teknologi Elon Musk dan Mark Zuckerberg. Akan tetapi, sampai saat ini Clubhouse hanya tersedia bagi pengguna produk Apple atau iOS.

Hanya untuk iOS

Sama dengan Clubhouse, mengutip laman resmi Twitter, hanya pengguna sistem operasi berbasis iOS saja yang dapat menikmati fitur ini. Pihak Twitter berencana akan memperluas daftar orang yang dapat membuat ruang-ruang Space.

Space awalnya dibuat dalam bentuk grup yang sangat kecil yang pembuatannya ditujukan untuk belajar dan mengumpulkan umpan balik dari berbagai komunitas di Twitter. Space dapat aktif selama obrolannya masih terbuka.

Jika sudah selesai, forum tersebut akan bubar dan tidak tersedia lagi.

Pengembangan fitur

Dilansir dari The Verge, 17 Desember 2020, Twitter telah melakukan uji coba fitur Space pada November. Dalam uji coba ini, Twitter memberi akses ke Spaces kepada perempuan dan orang-orang dari komunitas marginal lainnya.

Dua kategori ini merupakan kelompok yang rentan menjadi sasaran kekerasan dan pelecehan.

Twitter Spaces fokus pada moderasi. Pembuat konten dapat mengontrol siapa yang dapat atau tidak dapat berbicara di Space, dan ada fitur pelaporan dan pemblokiran yang disertakan di versi pertama.

Fitur lain yang sedang diuji termasuk reaksi emoji, kemampuan untuk berbagi tweet di Space, dan transkripsi suara langsung “versi paling awal”.

Pada akhir Februari lalu, Twitter kembali menguji fitur tersebut dengan 1.000 pengguna yang dimulai dengan wanita dan orang-orang dari kelompok terpinggirkan.

Cara menggunakan

Terdapat dua cara dalam menggunakan fitur Space bagi pengguna iOS, yaitut melalui ikon Space atau profil di Fleet.

Caranya, tekan lama pada ikon compose Tweet di Home Timeline, kemudian ketuk ikon “Space” di ujung kiri.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur melalui foto profil di Fleet. Caranya, tekan lama foto profil Fleet, gulirkan ke paling kanan, dan pilih Space.

Saat fitur mulai beroperasi, pengguna dapat mengundang hingga 10 orang untuk bergabung dalam forum Anda.

Adapun langkah dalam menggunakan Twitter Space, meliputi:

1. Pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat bergabung dengan hak berbicara dengan memilih opsi, seperti semua orang, orang yang Anda Follow, atau “Hanya pada orang yang Anda pebolehkan untuk berbicara”.

2.Ini memungkinkan Anda mengirim undangan melalui pesan pribadi atau DM.

3. Saat mulai memakai Space, mikrofon pengguna akan mati. Jika sudah siap berbicara, ketuk “Mulai Space”.

4. Izinkan akses mikrofon dengan mengaktifkan “Izinkan akses mikrofon”.

5. Pilihlah, apakah ingin berbagi transkripsi atau tidak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan tombol.

6. Jika sudah, pengguna dapat mulai menggunakan dan merekam Twitter Space.

 

  • Bagikan