Viral Monyet Pakai Jas Hujan, Sosoknya Bikin Syok Rakyat Indonesia

Viral Monyet Pakai Jas Hujan

Menit.co.id – Viral monyet pakai jas hujan merupakan narasi yang sedang heboh di berbagai pemberitaan media online di seluruh Indonesia.

Viral monyet pakai jas hujan yang selama ini menjadi topik perbincangan warganet rupanya menampilkan sosok bikin syok rakyat Indonesia.

Sebagaimana media ini telusuri lebih dalam, kata kunci viral monyet pakai jas hujan di Google memunculkan foto Jokowi sejak kemarin, Selasa 24 November 2022.

Kata kunci yang banyak diakses di Google, seperti: monyet pakai jas hujan, monyet pake jas hujan, monyet pakai jas hujan warna hijau, monyet lagi pakai jas hujan.

Celakanya, ketika kita mengetik kata kunci tersebut akan memunculkan gambar sosok Presiden Jokowi yang sedang memakai jas hujan warna hijau.

Hal itu lantas mengundang banyak tawa sekaligus cacian dari para pendukung Jokowi yang menilai bahwa berita tersebut merupakan sebuah penghinaan.

Kata ‘Lapindo’ menjadi trending di media sosial Twitter setelah sebuah artikel berita viva.co.id yang membahas viralnya kata kunci ‘monyet pakai jas hujan’ yang menampilkan hasil foto Presiden Jokowi.

“Jangan ketik monyet pakai jas hujan Ijo, bikin syok!” tulis judul di artikel tersebut. Warganet yang bersimpatik soal judul artikel yang terkesan menghina Jokowi.

Meski hasil pencarian foto monyet pakai jas hujan ramai yang menampilkan berita Jokowi, pendukung Jokowi beramai-ramai menghujat situs portal berita tersebut dan mengaitkannya dengan peristiwa lumpur Lapindo.

“Media sampah @VIVAcoid, baunya busuk sekali, isinya bukan pencerahan terhadap masyarakat tapi penghinaan kepada Presiden @jokowi …!!😩,” tulis @_Love_ag4ever.

“Dari pada nyinyir mending Lapindo suruh bayar utang. @VIVAcoid. kasih tahu Bakrie,” mrdkindo.

Viva Grup diketahui merupakan salah satu anak perusahaan yang dimiliki Aburizal Bakrie yang juga sebagai pemilik perusahaan Lapindo yang meledak dan menyemburkan lumpur pada tahun 2006 silam.

Foto Jokowi yang sedang mengenakan jas hujan hijau yang viral itu bermula dari unggahan foto Sekretariat Kabinet itu muncul dari artikel resmi setkab.go.id berjudul “Saat Presiden Jokowi Kenakan Jas Hujan Pemberian Warga di Sukajaya, Bogor” yang diposting pada 7 Januari 2022.

Sementara itu, belum ada penjelasan pemerintah mengenai fenomena di Google dengan kata kunci ‘monyet pakai jas hujan’muncul foto Jokowi.

Hanya saja, mengutip laman Google Search Central, terhubungnya sebuah keyword (kata kunci) kepada foto disebabkan tautan yang dibuat otomatis ketika gambar diupload.

Ketika pengguna mengetikkan sebuah Keyword di kolom pencarian, Google menampilkan hasil konten dalam bentuk artikel, video, hingga gambar.

Itu disebabkan karena gambar Google menghasilkan tautan judul secara otomatis ketika sebuah gambar di upload.