Viral Rangka Motor Honda Patah, Ini Ulasan Lengkapnya

Viral Rangka Motor Honda Patah

MENIT.CO.ID – Viral rangka motor honda patah menjadi informasi paling menarik perhatian para pengguna media sosial di tiktok dan twitter.

Viral rangka motor honda patah adalah rekaman video memperlihatkan sebuah sepeda motor mengalami patah bagian rangka dan diunggah ke media sosial.

Konten video viral rangka motor honda patah sebenarnya sudah berlangsung lama dan baru tren minggu ini. Benarkah kejadian rangka honda mudah patah?

Gunjingan tentang rangka sepeda motor Honda karatan hingga mudah patah masih hangat. Pemberitaan tentang kejadian ini lebih ramai ketimbang peluncuran motor baru.

Kegaduhan informasi bermula dari salah satu akun media sosial yang mengunggah skutik Honda mengalami patah di bagian tengah yang diduga karena sasis bermasalah.

Ada warganet yang menyebut kejadian-kejadian ini sebagai ‘motor lipat’. Salah satu akun memperlihatkan model motor terlaris di Indonesia, Beat, mengalami patah hingga setang merapat ke area jok.

Usai video dan foto viral, berbagai akun lainnya memperlihatkan kejadian serupa yang melibatkan Beat, Genio dan Vario mengalami kondisi rangka patah.

Dugaan patah itu karena rangka mengalami kerusakan yang dipicu karat. Beat, Genio, Vario 160 dan Scoopy menggunakan sasis yang sama yaitu eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame.

Setelah itu berbagai akun juga bermunculan memperlihatkan karat sudah menginvasi sasis skutik Honda. Unggahan konten viral rangka honda patah ramai di jagat media sosial.

Rangka eSAF Honda

Beda dari sasis motor Honda yang lain seperti jenis pipa atau tubular, eSAF dirancang menggunakan pelat baja yang ditekuk atau press kemudian dilas laser.

Cara itu membuat eSAF punya berbagai lipatan di area tepiannya. Berdasarkan penjelasan Astra Honda Motor ada 34 komponen yang dihilangkan pada rancangan eSAF sehingga strukturnya lebih sederhana.

Hal ini tujuannya agar sasis menjadi lebih ringan, hingga 8 persen, dan diklaim mendukung stabilitas menikung, motor mudah dikendarai dan ringan.

Selain itu bobot eSAF yang terbuat dari baja dikatakan enteng sehingga membantu keiritan bahan bakar. Kelebihan lain eSAF membuat ruang bagasi bisa diperluas sampai 14 liter dan tangki bahan bakar 4,2 liter.

AHM sudah menyadari gaduh soal sasis eSAF ini dan menyatakan sudah melakukan investigasi.

“Untuk kasus yang sudah masuk ke kami, investigasi sedang dilakukan,” kata Direktur Pemasaran AHM yang baru, Octavianus Dwi Putro.

“Kami akan melakukan penanganan sebaik mungkin dengan mengutamakan keselamatan, menjamin kualitas serta memastikan customer satisfaction. Untuk perkembangannya akan diinfo kemudian ya,” ucap dia lagi.

Netizen masih mempertanyakan masalah sasis skutik Honda yang karatan dan patah. Sebagian dari mereka menuntut recall atau perbaikan yang belum ditanggapi pihak AHM.