WhatsApp Sedang Kembangkan Backup Chat Enkripsi Pakai Password

  • Bagikan
Ingin Terlihat Sopan, 5 Cara Keluar dari Grup WhatsApp tanpa Notifikasi
WhatsApp

Menit.co.id – WhatsApp dilaporkan tengah berupaya untuk meningkatkan keamanan dari layanan backup cloud miliknya dengan fitur proteksi password baru yang akan mengenkripsi backup chat, sehingga hanya akan dapat diakses oleh pengguna.

Laporan WABetaInfo menyebut bahwa fitur ini telah dikembangkan sejak tahun lalu dan kini membagikan screenshot atau tangkapan layar menampilkan cara fitur ini bekerja di layanan aplikasi ini versi Android dan iOS.

Salah satu screenshot menampilkan keterangan bahwa guna mencegah akses tidak resmi ke backup di iCloud Drive, pengguna dapat mengatur password untuk digunakan dalam mengenkripsi backup di masa mendatang.

BACA : Tips Menghindari Penipuan Melalui Akun WhatsApp

Selain itu, WhatsApp juga menjelaskan bahwa password ini akan diminta agar pengguna dapat mengembalikan data yang tersimpan ke perangkat. Aplikasi akan meminta pengguna untuk mengonfirmasi nomor ponsel, dan memilih password setidaknya sepanjang delapan karakter.

Screenshot lain mengingatkan bahwa WhatsApp tidak akan dapat membantu memulihkan password yang terlupakan. Percakapan WhatsApp memang terenkripsi, artinya hanya dapat dilihat oleh pengirim dan penerima.

Namun, WhatsApp memperingatkan bahwa proteksi ini tidak berlaku pada backup online yang tersimpan di Google Drive dan iCloud. Setelah tersimpan di server keduanya, keamanan dari backup menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud, yang sebelumnya menyediakan akses kepada badan penegak hukum dengan surat perintah pencarian valid.

Enkripsi backup dengan password yang hanya diketahui pengguna secara teoritis mencegah orang lain mengakses riwayat percakapan tanpa izin pemilik. Laporan terbaru terkait dengan fitur ini tersedia setelah reputasi WhatsApp goyah akibat kebijakan privasi barunya.

Kebijakan baru ini memicu kekhawatiran pengguna bahwa WhatsApp akan berbagi lebih banyak informasi dengan induk perusahaannya, Facebook. WhatsApp menegaskan bahwa kebijakan baru ini tidak berdampak pada keamanan pesan personal pengguna.

Sementara layanan pesan instan pesaing seperti Signal dan Telegram mengalami peningkatan peminat secara drastis sebagai dampak dari hal tersebut dan pengguna mengeksplorasi opsi selain WhatsApp.

WhatsApp menolak untuk berkomentar terkait fitur yang belum diumumkan tersebut, namun WABetaInfo memiliki rekam jejak baik dalam berbagi informasi menyoal fitur yang belum diumumkan secara resmi.

Sebelumnya, media teknologi ini menemukan fitur seperti menambahkan kontak via kode QR atau pesan menghilang (Disappearing Messages) jauh sebelum kedua fitur tersebut secara resmi diluncurkan.

  • Bagikan