Cacing Nemertea, Ini Sejumlah Fakta Mengejutkan

Cacing Nemertea

Menit.co.id – Cacing Nemertea adalah adalah filum dari hewan invertebrata dengan mayoritas spesiesnya hidup di daerah laut.

Cacing Nemertea ini tidak bersegmen dan berukuran panjang serta tipis serta berkembang biak secara hermafrodit.

Filum ini sebagian besar melakukan fertilisasi internal. Contoh hewan dari filum ini adalah Lineus longissimus.

Belakangan ini Cacing Nemertea menjadi perbincangan dan banyak di cari pengguna media sosial dan Internet.

Tampilan cacing ini memang tak biasa. Bahkan tak sedikit yang menyebut cacing ini dengan monster yang ada di seri Stranger Things.

Dalam video yang beredar, tampak bahwa cacing ini akan bereaksi sangat berbeda dengan cacing pada umumnya ketika di sentuh.

Saat di sentuh, cacing ini lantas menggembung. Setelah itu, cacing ini akan menyemprotkan cairan. Cairan tersebut berubah menjadi jaring-jaring putih.

Karena mampu mengeluarkan jaring-jaring putih ketika di sentuh, ada juga warganet yang menyebutnya mirip dengan jaring-jaring Spiderman.

Di samping itu, ramai juga pertanyaan seputar kenapa cacing ini mengeluarkan jaring-jaring putih. Para ilmuwan memberikan penjelasannya.

Sebagaimana yang di jelaskan oleh para ilmuwan, penyemprotan jaring-jaring putih ini bisa terjadi saat cacing mendeteksi adanya mangsa di sekitarnya.

Pendeteksian otomatis akan membuat otot sirkuler di sekitar hidungnya untuk berkontraksi dan berujung pengeluaran jaring-jaring putih.