Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Formasi, Syarat dan Link untuk Mendaftar

Pendaftaran CPNS 2024
Tak hanya formasi umum dan formasi khusus cyber security, rekrutmen CPNS 2019 juga dibuka untuk formasi khusus yang terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude) dan diaspora, nilai kumulatif yang harus dilampaui adalah 271 dengan nilai TIU minimal 85. (dok KemenpanRB)

MENIT.CO.ID – Proses pendaftaran CPNS 2024 segera dibuka oleh Pemerintah Indonesia melalui instansi terkait. Berikut formasi dan link pendaftaran CPNS.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo akan kembali membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara atau CASN pada tahun ini. Proses pendaftaran pun akan mulai dibuka pada Mei 2024.

CASN pada 2024 akan terdiri dari dua formasi, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan total kebutuhan formasi dari total dua status pegawai negara itu sebanyak 2,3 juta.

Total formasi itu terdiri dari 690 ribu CPNS dan 1,6 juta PPPK. Dari jumlah lowongan CPNS, 225.000 dibuka khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sementara, untuk PPPK dibuka demi menyelesaikan masalah tenaga honorer.

Seleksi CPNS ini akan dibagi dalam 3 tahap. Periode pertama dibuka untuk sekolah kedinasan. Periode kedua untuk CPNS dan PPPK. Sementara, periode III juga akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

Link Pendaftaran CPNS 2024

Berikut adalah link pendaftaran CPNS 2024 lengkap dengan syarat administrasi lainnya di CASN 2024:

– Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.
– Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
– Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan
– Lengkapi biodata
– Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
– Lengkapi data pendidikan
– Unggah dokumen persyaratan.
– Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah
– Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
– Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
– Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN
– Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
– Pemberkasan dan Penetapan NIP.

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

– Kartu keluarga
– Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
– Ijazah
– Transkrip Nilai
– Pas foto
– Swafoto/selfie

Syarat Pendaftaran CPNS 2024

– Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
– Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan secara tidak hormat sebagai PNS/Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara RI (POLRI).
– Tidak pernah diberhentikan secara tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
– Tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota POLRI.
– Tidak menjadi anggota maupun pengurus partai politik (parpol) atau terlibat politik praktis.
– Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
– Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
– Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Formasi CPNS 2024

Berikut ini formasi CPNS 2024 untuk masing-masing instansi yang melakukan rekrutmen:

1. Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama mengumumkan pembukaan formasi sejumlah 110.553 orang, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Formasi ini meliputi guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di IKN.

2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kemudian, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka 15.462 posisi CPNS dan 25.079 posisi PPPK. Formasi tersebut yang akan membantu menyelesaikan masalah tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi serta penempatan di Ibu Kota Negara (IKN).

3. Kementerian Sosial (Kemensos)

Untuk instansi Kementerian Sosial sendiri akan membuka formasi CASN, yakni sebanyak 40.839. Formasi tersebut terdiri dari 266 calon aparatur sipil negara (CASN) dan 40.573 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Secara rinci, formasi tersebut direncanakan akan diisi oleh 125 CPNS Tenaga Teknis, 141 CPNS Tenaga Kesehatan, 40.508 PPPK Tenaga Teknis, dan 65 PPPK Tenaga Kesehatan.

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub telah mendapat persetujuan untuk membuka 18.017 posisi, terdiri dari CPNS dan PPPK, dengan fokus pada peningkatan kualitas layanan transportasi.

Formasi sebanyak 18.017 tersebut terdiri atas calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan rincian 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

5. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Pada tahun 2024 Kementerian PUPR akan menerima 26.319 orang ASN dengan rincian 6.385 CPNS tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis.

6. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)

Bawaslu akan menerima 18.557 posisi CASN, termasuk CPNS dan PPPK untuk posisi penting dalam mendukung kinerja lembaga tersebut.

Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor.

7. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Selanjutnya adalah Kemenkes yang akan membuka formasi CASN 2024 sebanyak 23.200. Formasi itu terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.

Formasi yang dibuka Kemenkes ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik-klinik kampus dan di pemerintahan daerah.

Exit mobile version