Nicholas Spinelli Pemenang Race 1 WSBK Assen 2024

Nicholas Spinelli Pemenang Race 1 WSBK Assen 2024

MENIT.CO.ID – Hasil Race 1 WSBK Assen 2024 keluar sebagai pemenang adalah Nicholas Spinelli, pembalap pengganti Danilo Petrucci, Sabtu (20/4).

Nicholas Spinelli yang menunggangi motor Barni Ducati membuat publik terkesima karena berhasil menjadi pemenang pada Race 1 WSBK Belanda, di Sirkuit Assen.

“Ini luar biasa. Saya baru pertama kali mencoba motor Superbike kemarin. Saya mungkin menang karena beruntung. Terima kasih kepada tim,” ujar pembalap Barni Racing itu.

Temperatur menyentuh 7 derajat Celcius dan langit biru muncul di beberapa area sirkuit. Meski begitu, pembalap memasang ban slick karena lintasan basah karena hujan. Mayoritas pembalap berusaha keras menstabilkan posisinya di jalur balap karena terlalu ban terus tergelincir.

Jonathan Rea menjalani start dengan baik tapi direbut Andrea Iannone di Tikungan 1. Namun, debutan WSBK, Nicholas Spinelli melesat meninggalkan lawan-lawannya. Pengganti Danilo Petrucci itu unggul 9,737 detik ketika rival bergerak hati-hati.

Ia diuntungkan dengan penggunaan ban medium di depan. Sementara itu, Michael Ruben Rinaldi mengalami masalah sehingga tak memulai.

Hingga dua lap, Spinelli membuka gap hingga 14,680 detik dari Axel Bassani. Andrea Iannone berada di urutan ketiga, di depan Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli. Rea mundur hingga ke posisi ke-10.

Hingga tiga lap, pembalap WSSP itu makin jauh berlari dengan selisih 22,376 atas Bassani. Toprak Razgatlioglu menyalip Alvaro Bautista untuk posisi keenam.

Iannone crash saat mencoba merebut peringkat kelima dari Bautista di lap 4, membuat Bautista maju ke P4 dan Razgatlioglu P5.

Bassani berhasil mencuri lagi posisi kedua dari Locatelli. Setelah lima putaran, jiwa kompetisi Razgatlioglu makin meronta dan merebut urutan ketiga dari Locatelli.

Juara WSBK 2021 itu menyerang dan mencuri runner-up dari Bassani. Malang bagi pembalap anyar Kawasaki Racing karena Bautista juga mengusirnya dari zona podium.

Razgatlioglu berhasil mengikis gap dengan Spinelli hingga 2 detik. Sayangnya, ia lengah dan kehilangan podium dari Bautista dan Alex Lowes.

Berkat beberapa kali jadi yang tercepat, pembalap BMW Motorrad, Michael van der Mark, bisa maju hingga urutan kedelapan. Setali tiga uang dengan Rea yang kembali ke posisi keenam, setelah menyalip Bassani.

Pada lap 9, selisih antara Spinelli dan Bautista tinggal 17 detik. Pemenang WSBK Belanda musim lalu itu mendapat serangan dari Alex Lowes dan Razgatlioglu.

Dua putaran berikutnya, pembalap cabutan Barni Racing makin dalam jangkauan Bautista. Razgatlioglu dengan cerdik masuk lewat sisi luar sang juara bertahan di lap 14.

Locatelli kembali ke pit lane karena motornya berasap. Beberapa saat kemudian, bendera merah dikibarkan ketika menyisakan 7 lap sebab kondisi trek terlalu berisiko dengan adanya tumpahan oli di Tikungan 15. Saat itu, Spinelli masih unggul 1,9 detik.

Karena tidak ada restart, maka pembalap MotoE tersebut jadi pemenang Race 1. Razgatlioglu menempati posisi kedua dan Bautista melengkapi podium.

Hasil ini membuat puncak klasemen Nicolo Bulega, 92 poin, terancam oleh Bautista dan Razgatlioglu yang sama-sama mengumpulkan nilai 91 poin.

Hasil Race 1 WSBK Assen 2024

Berikut adalah hasil lengkap Race 1 WSBK Belanda 2024 di Sirkuit Assen untuk masing-masing pembalap:

1. Nicholas Spinelli – Barni Spark Racing Team – 14 lap
2. Toprak Razgatlioglu – Rokit BMW Motorrad WorldSBK +3.205
3. Alvaro Bautista – Aruba.it Racing Ducati +3.392
4. Remy Gardner – GYRT GRT Yamaha WorldSBK +5.989
5. Alex Lowes – Kawasaki Racing Team +6.256
6. Jonathan Rea – Pata Yamaha Prometeon +6.361
7. Michael van der Mark – Rokit BMW Motorrad WorldSBK +6.474
8. Scott Redding – Bonovo Action BMW +12.289
9. Axel Bassani – Kawasaki Racing Team +12.013
10. Xavi Vierge – Team HRC +17.794
11. Nicolo Bulega – Aruba.it Racing Ducati +25.271
12. Andrea Locatelli – Pata Yamaha Prometeon +40.632
13. Dominique Aegerter – GYRT GRT Yamaha WorldSBK +57.577
14. Tarran Mackenzie – Petronas MIE Honda +1′
15. Bradley Ray – Yamaha Motoxracing +1 lap
16. Garrett Gerloff – Bonovo Action BMW +1 lap
17. Adam Norrodin – Petronas MIE Honda +1 lap
18. Philipp Oettl – GMT94 Yamaha WorldSBK +1 lap
19. Sam Lowes – Elf Marc VDS Racing Ducati +2 lap

Gagal finis:
20. Michael Ruben Rinaldi – Motocorsa Racing Ducati
21. Tito Rabat – Puccetti Kawasaki
22. Andrea Iannone – Team GoEleven Ducati