Ducati Luncurkan Replika Motor Juara Dunia MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP 2023

Replika Motor Juara Dunia Milik Ducati

MENIT.CO.ID – Ducati berhasil mencapai prestasi juara dunia dalam beberapa kejuaraan utama, yakni MotoGP, World Superbike (WorldSBK), dan World Supersport (WorldSSP).

Motor-motor juara ini sekarang diabadikan dalam bentuk replika terbatas. Menurut informasi dari Ducati.com pada Sabtu (16/12/2023), Ducati menghadirkan replika motor balap yang berbasis pada model Panigale V4 dan V2.

Terdapat lima desain livery yang terinspirasi dari keberhasilan para juara Ducati dalam ketiga kejuaraan tersebut.

Tiga desain livery berasal dari MotoGP, diambil dari motor yang dikendarai oleh Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marco Bezzecchi.

Sementara itu, dari kategori WorldSBK, menggunakan livery yang terinspirasi dari motor yang dikendarai oleh Alvaro Bautista. Untuk WorldSSP, diperlihatkan dalam livery yang mengikuti gaya motor Nicolo Bulega.

Empat replika motor menggunakan basis Panigale V4, sementara replika motor Bulega menggunakan basis Panigale V2. Ducati akan memproduksi replika ini dalam jumlah yang terbatas, dengan setiap replika memiliki jumlah yang berbeda.

Replika Bagnaia akan diproduksi sebanyak 263 unit, replika Martin sebanyak 189 unit, replika Bezzecchi sebanyak 72 unit, replika Bautista sebanyak 219 unit, dan replika Bulega sebanyak 111 unit.

Setiap replika akan memiliki nomor seri dan tanda tangan pebalap terletak pada bagian tangki bahan bakar. Selain itu, pemilik replika juga akan menerima sertifikat otentik sebagai bukti keaslian.

Replika ini hanya akan tersedia dalam konfigurasi single seater, dengan nomor seri tercetak pada pelat aluminium yang ditempatkan di area setang.

Meskipun demikian, belum ada pengumuman resmi mengenai harga dari kelima replika motor balap ini.