Presiden Jokowi Senang Resmikan Pabrik Milik Haji Isam

  • Bagikan
Presiden Jokowi Senang Resmikan Pabrik Milik Haji Isam

Menit.co.id – Presiden Indonesia, Joko Widodo mengaku senang dengan hadirinya pabrik biodiesel B-30 milik PT Jhonlin Agro Raya milik Haji Isam di Tanah Air.

Prabik milik pengusaha asal Kalimantan Selatan tersebut diresmikan secara langsung oleh orang nomor satu di Indonesia.

Senangnya Jokowi mengutarakan bahwa perusahaan Jhonlin Group ini mampu membuka lapangan kerja yang besar dan banyak.

“Kenapa saya mau datang ke sini? Alasan besarnya adalah kawasan ini, pabrik ini, perusahaan PT Jhonlin mampu membuka lapangan kerja yang banyak,” kata Jokowi, Kamis (21/10/2021).

Joko Widodo mengapresiasi inisiatif PT Jhonlin Group yang membangun pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan. Menurutnya inisiatif melakukan hilirisasi komoditas mentah harus di dorong.

Termasuk pada komoditas sawit alias Crude Palm Oil (CPO), Jokowi meminta perusahaan lainnya mengikuti langkah PT Jhonlin untuk melakukan hilirisasi.

Pihaknya berharap ada perusahaan lain mulai hilirisasikan dan industrialisasikan CPO. Entah jadi minyak goreng, kosmetik, atau jadi barang setengah jadi dan barang jadi lainnya.

“Saya hargai yang di lakukan PT Jhonlin Group yang mengubah CPO jadi Biodiesel-30. Ini memberikan nilai tambah besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar Jokowi.

Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya, Andi Amran Sulaiman menambahkan, sejauh ini di kawasan industri milik Haji Isam itu secara total menyerap tenaga kerja 2.320 orang.

Bukan cuma pabrik biodiesel, di sana juga ada pabrik minyak goreng hingga smelter. Sementara itu, untuk Jhonlin Group secara keseluruhan sudah mempekerjakan 60 ribu orang.

20 ribu orang bekerja secara langsung oleh Jhonlin Group. “PT Jhonlin Group gambaran umumnya saat ini PT Jhonlin kerjakan karyawan 20 ribu orang langsung, tidak langsung 40 ribu orang, total 60 ribu orang,” kata Amran.

  • Bagikan