Budidaya Ikan Patin Terbukti Panen Melimpah, Begini Caranya

Budidaya Ikan Patin

MENIT.CO.IDBudidaya Ikan Patin yang berhasil dan terbukti panen melimpah harus mengikuti cara serta beberapa persyaratan dan kondisi lingkungan agar hasil panen melimpah.

Berikut cara budidaya Ikan Patin yang terbukti panen melimpah. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan dan budi daya ikan patin adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos.

Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.

Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

Jika patin dilakukan dengan jala apung yang di pasang di sungai maka lokasi yang tepat yaitu sungai yang berarus lambat.

Kualitas air untuk pemeliharaan ikan patin harus bersih, tidak terlalu bersih dan tidak tercemar bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik.

Suhu udara yang baik pada saat penetasan telur menjadi larva adalah antara 26–28 derajat C.

Pada daerah-daerah yang suhu udaranya relatif rendah memerlukan pemanas (pemanas) untuk mencapai suhu optimal yang relatif stabil. PH udara berkisar antara: 6,5–7

Pembibitan Ikan Patin

Pembibitan ikan patin merupakan upaya untuk mendapatkan bibit dengan kualitas yang baik dan jumlah yang memenuhi permintaan.

Cara Tradisional Bibit Ikan Patin diperoleh dengan menangkap dari habitat yang menunjukkan sungai, rawa, danau dan tempat-tempat lain.

Untuk tujuan komersial harus diupayakan semaksimal mungkin dengan pembibitan di kolam. dan langkah-langkahnya sebagai berikut :

Budidaya Ikan Patin Calon Induk Siap Pijah

Induk patin yang ingin dipijahkan sebaiknya dipelihara terlebih dahulu dengan pemeliharaan yang intensif.

Selama pemeliharaan, induk ikan diberi makanan khusus yang mengandung protein tinggi. Selain itu, diberikan juga rucah dua kali seminggu sebanyak 10% bobot ikan induk. Langkah ini dilakukan untuk persiapan matang gonad.

Ciri-ciri induk patin yang sudah siap dipijahkan adalah sebagai berikut :