Kejaksaan Agung Tetapkan Harvey Moeis Tersangka Kasus Korupsi Timah

Kejaksaan Agung Tetapkan Harvey Moeis Tersangka Korupsi Rp 271 Triliun dan Robert Priantono Bonosusatya

MENIT.CO.ID – Kejaksaan Agung RI tetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka kasus korupsi Timah. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda ketahui.

Kejaksaan Agung telah menetapkan Harvey Moeis, seorang pengusaha, sebagai tersangka dalam kasus korupsi yang melibatkan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022.

Suami dari aktris Sandra Dewi itu telah ditahan oleh penyidik di Gedung Bundar.

Ketut Sumedana, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, menjelaskan kronologi dan peran yang dimainkan oleh Harvey Moeis dalam kasus Timah. Proses penyelidikan masih berlangsung hingga saat ini.

“Ketika diperiksa dan ditangkap, yang bersangkutan masih bersikap kooperatif, namun ada beberapa tindakan yang menjadi pokok permasalahan yang belum dijawab secara rinci oleh yang bersangkutan,” ungkapnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, pada hari Kamis (28/3).

Menurutnya, penanganan kasus ini membutuhkan strategi, pendalaman, dan konfrontasi dengan pihak-pihak yang telah diperiksa. Sebanyak 148 saksi telah diperiksa oleh Kejagung.

Ketut menjelaskan lebih lanjut bahwa Harvey Moeis mulai terlibat dalam kasus ini sejak tahun 2018. Dia merupakan orang yang menghubungkan antara PT. RBT dengan pihak-pihak terkait dari PT. Timah.

Bersama dengan tersangka MRPT, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT. Timah saat itu, mereka berusaha menghubungkan penambang ilegal di Bangka Belitung. Mereka membuat kesepakatan untuk menyewa beberapa peralatan tambang dan menghubungkan penambang ilegal ke smelter.

“Dari situ, mereka mengalirkan uang, yang seharusnya akan digunakan untuk kegiatan penyelamatan, namun ternyata digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkapnya.

Perbuatan ini terjadi antara tahun 2015 hingga 2022. Keterlibatan kedua tersangka dimulai dari tahun 2018 hingga 2019. “Jadi, hampir dua tahun mereka terlibat dalam perbuatan ini,” tambahnya.

Profil Harvey Moeis

Harvey Moeis adalah seorang pengusaha dengan latar belakang keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Ia dilahirkan pada tanggal 20 November 1985 dari keluarga Hayong Moeis dan Irma Silviani.

Pada tanggal 8 November 2016, Harvey menjadi sorotan publik setelah menikahi aktris Sandra Dewi.

Upacara pernikahan mereka diadakan di Gereja Katedral Jakarta dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok.

Hanya berselang enam hari setelahnya, tepatnya pada tanggal 14 November 2016, mereka mengadakan resepsi pernikahan.

Resepsi pernikahan Harvey dan Sandra menarik perhatian banyak orang karena diadakan di Disneyland, Tokyo, Jepang.

Harvey sendiri dikenal sebagai seorang pengusaha batubara yang memiliki tambang batubara di Bangka Belitung, kampung halaman Sandra.

Salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Harvey adalah PT Multi Harapan Utama, di mana ia menjabat sebagai Presiden Komisaris perusahaan tersebut.

Selain itu, Harvey juga memiliki saham di lima perusahaan batubara lainnya, yaitu PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa, dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Meskipun Harvey dan Sandra tidak banyak membicarakan kehidupan pribadi mereka, namun mereka diketahui memiliki berbagai fasilitas mewah, seperti mobil mahal dan jet pribadi.